Amalan yang Bisa Merubah Takdir

Takdir merupakan kekuasan Allah, Allah yang telah menentukan takdir setiap makhluk yang ada di bumi ini. Bahkan hal-hal yang terkecil sekalipun sudah Allah atur. Seperti bunga yang layu, daun yang gugur dan saat kita terjatuh pun adalah takdir dari Allah. Namun, ternyata ada amalan yang dapat merubah takdir. Kita sebagai makluk yang bergerak dan bernyawa di bumi ini. Sudah dituliskan ketetapannya oleh Allah. Apa saja ketetapan itu?

1. Umur

Setiap manusia telah ditetapkan umurnya, bakan sebelum dia dilahirkan ke bumi. Sejak masih dalam rahim atau kandungan ibunya. Allah sudah menuliskan ketetapan baginya. Allah berfirman dalam Al-qur’an yang artinya: “Tidak ada suatu umat pun yang dapat mendahului ajalnya dan tidak ((pula) dapat meminta penundaa(-nya).” (Qs. Al-Hijr: 5)

Jika Allah sudah menetapkan sebuah ajal. Maka, Allah tidak akan menangguhkan suatu umat pun dari ajalnya.

2. Kematian

Ketika seorang meninggalkan dunia ini. Maka, semua itu atas kehendak Allah. Begitu juga saat kita menjumpai, seorang dokter yang mampu menyelamatkan nyawa seseorang semata-mata hanya karena Allah.  Bahkan, jika kita melihat seseorang yang meninggal dunia karena sakit dan tidak bisa diselamatkan. Itu juga karena takdir dari Allah. Untuk itu, kita harus senantiasa mempersiapkan amalan terbaik yang akan menjadi pemberat amalan kita di akhirat kelak.

Untuk itu jangan lupa untuk berbuat baik dalam setiap waktu, karena ajal seseorang tidak pernah ada yang mengetahui. Mari bersama kita berdoa, agar kelak ketika Allah mencabut nyawa kita. Kita sedang dalam melakukan amalan kebaikan. Aamiin…

3. Rezeki

Dalam Al-qur’an dijelaskan mengenai rezeki seseorang. Sebagaimana Allah berfirman yang artinya, “(Dialah) yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dialah yang menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia hasilkan dengan (hujan) itu buah-buahan sebagai rezeki untukmu. Karena itu, janganlah kamu mengadakan tandingan-tandingan bagi Allah, padahal kamu mengetahui.” (Qs. Al-Baqarah: 22)

Setiap rezeki manusia telah tertulis, karena Allah yang telah menentukan rezeki bagi setiap makhluk yang ada di bumi. Untuk itu kita pun harus senantiasa berdoa, berikhtiar dan melakukan usaha agar bisa mendapatkan rezeki dari Allah dengan cara yang halal.

4. Jodoh

Allah menciptakan manusia secara berpasang-pasangan. Maka, perkara jodoh pun sudah Allah tetapkan. Jika seseorang sudah berjodoh, maka tidak akan pernah tertukar. Jadi, yakin saja pada Allah kelak Allah akan menghadirkan seseorang yang akan menjadi pasangan hidupmu. Untuk itu kita harus mempersiapkan diri, berusaha agar lebih taat kepada Allah. Agar saatnya nanti Allah pertemukan, kita dapat benar-benar siap.  

Setiap apapun yang terjadi dalam kehidupan kita, sudah menjadi kehendak Allah dan Allah yang mengatur setiap takdir dalam kehidupan kita. Namun, ternyata ada takdir yang dapat kita ubah. Dengan melakukan 3 amalan yang dapat merubah takdir. InsyaAllah… jika Allah sudah berkehendak.

         1. Doa

Doa adalah salah satu harapan dan permohonan kita kepada Allah. Untuk itu saat kita berdoa kepada Allah. Usahakanlah dengan hati yang khusyu’ dan penuh harap. Dalam sebuah hadist dijelaskan, “Tiada yang bisa menolak takdir Allah, kecuali doa.” (HR. Tirmidzi, Hakim, Ahmad dan Ibnu Majah)

        2. Melakukan amalan kebaikan

Perbanyak melakukan amalan kebaikan, karena dengan beramal baik terdapat banyak keutamaan dan mendapatkan balasan yang baik dari Allah.

“Beramalah kamu sekalian, karena dengan beramal akan mengubah sesuatu yang buruk yang telah ditentukan-Nya padamu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Semoga dari setiap amalan kebaikan yang kita lakukan Allah memberikan balasan dengan sebaik-baik balasan.

        3. Menyambung tali silaturahmi

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang suka diluaskan rezekinya dan di tangguhkan, hendaklah ia menyambung silaturahmi.” (HR. Bukhari)

Saat kita mampu menjalin tali silaturahmi, maka Allah akan luaskan rezekinya dan menangguhkan ajal kematian kita. Untuk itu selagi kita masih diberikan kesempatan oleh Allah untuk menjalin hubungan antar saudara, kerabat dan tetangga. Maka, kita harus mampu menjaga hubungan tersebut.

        4. Jangan lupa sedekah

“Bersegeralah bersedekah, karena bala tidak pernah mendahului sedekah.” (HR. Thabrani)

Sedekah akan membuat kita selalu ingat, bahwa kami akan mengumpulkan rezeki dengan cara yang halal. Rezeki yang didapatkan secara halal, akan membuat seseorang mampu untuk mensyukuri anugerah yang diberikan oleh Allah.

Semoga kita senantiasa mampu menjadi orang yang selalu bersemangat dalam melakukan amalan kebaikan. Yuk, ikut berpartisipasi untuk program-program kebaikan untuk yatim dan dhuafa. Dari sedekah sahabat akan membuat orang lain bahagia.

Comments are closed.