Ukhuwah Islamiyah harus dijaga

Dalam kehidupan kita akan melakukan interaksi, bertemu dan berjumpa banyak orang. Bahkan kita akan berjumpa atau dipertemukan dengan orang yang berbeda dan karakter yang berbeda. Namun, saat kita bertemu dengan orang yang berada di jalan kebaikan. Alangkah beruntungnya diri kita.

Apalagai bagi seorang muslim yang harus menjalin ukhuwah. Definisi dari Ukhuwah ini adalah sebuah kata untuk menggambarkan rasa persaudaraan, kasih sayang, hubungan baik untuk saling menolong satu sama lain dan yang paling penting dari ukhuwah, dapat membuat kita selalu saling mengingatkan dalam kebaikan.

Bagi seorang muslim, maka harus mampu menjalin ukhuwah dengan baik. Lalu, bagaimana caranya agar ukhuwah itu mampu terbangun dengan baik?

Simak beberapa tips di bawah ya.

1. Mencari lingkungan yang mampu mendekatkan diri kita kepada Allah

Lingkungan akan sangat mempengaruhi diri kita. Untuk itu kita harus mencari dan berada di lingkungan orang-orang baik. Lingkungan ini yang akan membentuk kepribadian kita. Jika berada di lingkungan yang baik, maka akan membuat kedekatan kita kepada Allah semakin baik, membuat diri kita semakin taat. Bahkan saat berada di lingkungan yang baik akan membuat diri kita mampu berproses menjadi lebih baik lagi.

2. Bergaul dengan yang baik

Dalam hal berteman alangkah baiknya, jika kita bergaul dengan mereka yang baik, memiliki sopan santun dan berakhlak mulia. Apalagi jika seseorang itu memiliki ilmu yang tinggi, maka adab dan akhlaknya pun akan semakin baik pada sesama.

Dalam hal berteman memang ada kalanya, kita tidak selalu serius. Adakalanya bercanda, tapi dalam hal bercanda pun sewajarnya saja. Jangan sampai membuat teman kita marah, apalagi menghindar. Untuk itu, kita harus mengenalinya lebih dalam. Pahami karakternya dan saling memahami satu sama lain.

3. Saling mengingatkan dalam kebaikan dan ketaatan

Manusia diciptakan dengan sikap lemah, lupa dan mungkin tidak tahu apa-apa. Maka, sudah seharusnya ada yang menguatkan dan mengingatkan dalam kebaikan. Agar senantiasa mau untuk belajar, tetap yakin dan tidak mudah menyerah ketika ujian atau kegagalan datang melanda.

4. Saling memberi kabar dan menyayangi karena Allah

Dalam kehidupan kita sering kali harus saling mengabari saudara kita. Agar kehadirannya dianggap ada, cobalah untuk sesekali bertanya kabar kepada teman atau saudara. Misalnya, “Bagaimana kabarmu? Sedang sibung apa sekarang?”

Semoga dari pesan singkat yang kamu kirimkan. Dapat memberikan kebahagiaan bagi saudaramu. Aamiin…

5. Saling menolong saat kesusahan dan Kesedihan

“…Barang siapa memperhatikan kepentingan saudaranya, maka Allah akan memperhatikan kepentingannya. Barang siapa membantu kesulitannya dari beberapa kesulitannya nanti pada hari kiamat…” (HR. Bukhari Muslim)

Sesama saudara kita harus ikut membantu meringankan beban mereka. Setidaknya selalu ada di saat mereka butuh. Mungkin kita tak mampu untuk menjadi pensil, tuk tuliskan kebahagiaan bagi teman-teman dan saudaramu. Maka, cobalah untuk menjadi penghapus yang dapat menghilangkan kesedihan mereka.

6. Menjaga Silaturahmi

Kita harus mampu menjaga tali silaturahmu, karena dapat meningkatkan ukhuwah dan juga akan menjadi jalan pembuka rezeki. Sebagaimana dalam sebuah hadist, “Barang siapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan ditambah umurnya, maka hendaklah menjalin silaturhami.” (HR. Bukhari)

7. Saling memaafkan

Manusia seringkali khilaf dan melakukan kesalahan. Untuk itu, kita pun harus mampu untuk memaafkan kesalahan yang dilakukan oleh teman-teman dan saudara kita. Berlapang dada, bersabar dan bersandar hanya kepada Allah. Serahkan segala urusan kepada-Nya karena Allah yang akan memberikan jalan keluar bagi kita. Allah yang akan meredupkan luka dan menghilangkan kekecewaan dalam diri kita.

Semoga kita senantiasa dapat menjadi ukhuwah ini. Bersama-sama melangkah dalam kebaikan.

Comments are closed.