Kemuliaan Malam Lailatul Qadar

Tak terasa kita sudah menginjak separuh bulan Ramadhan. Jika berbicara akhir bulan Ramadhan teringat pesan Rasulullah SAW, beliau mengisyaratkan bahwa di malam-malam terakhir bulan Ramadhan terdapat satu malam yang penuh dengan pengampunan, keberkahan, dan kemuliaan yang dinamakan Lailatul Qadar.

Lailatul Qadar ialah malam yang paling istimewa di semua malam di bulan Ramadan, karena pada malam itu pertama kalinya Al Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai cahaya bagi alam semesta, ada juga pendapat lain mengatakan bahwa pada malam itu Al Quran diturunkan dari Lauhil Mahfudz ke Bayt al-‘Izzah atau langit dunia.

Dan malam Lailatul Qadar terdapat pada malam-malam ganjil di 10 hari terakhir pada bulan Ramadhan yang dimana Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam sedang beri’tikaf di sepuluh hari terkahir bulan Ramadhan dan beliau bersabda :

تَحَرَّوْا وفي رواية : الْتَمِسُوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِيْ الْوِتْرِ مِنْ الْعَشْرِ

“Carilah malam Lailatul Qadar di (malam ganjil) pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan” (HR. Bukhari 4/225 dan Muslim 1169 ).

Sebelum memasuki malam Lailatul Qadar ada tanda-tanda yang sesungguhnya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menggambarkan paginya malam Lailatul Qadar agar seorang muslim mengetahuinya.

Dari ‘Ubay Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata : Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam
bersabda :

صَبِيْحَةُ لَيْلَةِ الْقَدْرِ تَطْلُعُ الشَمسُ لاَ شعاع لَهَا، كَاَنَهَا طَشْتٌ حَتَّى تَرْتَفَعُ

“Pagi hari malam Lailatul Qadar, matahari terbit tidak menyilaukan, seperti bejana hingga meninggi” (HR. Muslim, No. 762 )

Lalu apa saja yang bisa kita lakukan untuk mengejar Lailatul Qadr?

1. Memperbanyak Dzikir

2. Memperbanyak shalat Malam

3. Memperbanyak Tilawah Qur'an

4. Memperbanyak berdo'a

5. Istiqomah di setiap malam, yakni dengan mengoptimalkan semua ibadah di setiap malam, agar keberkahan Lailatul Qadar dapat dikejar.

Semoga bermanfaat..

Comments are closed.