DAHSYATNYA SEDEKAH di BULAN RAMADHAN

Kedatangan bulan suci ramadhan tentu selalu menjadi penghibur hati orang mukmin. Bagaimana tidak, beribu keutamaan ditawarkan pada bulan ini. Pahala dan ampunan Allah bertebaran memenuhi setiap ruang dan waktu.

Tahukah sahabat? Salah satu pintu yang dibuka Allah untuk meraih keuntungan besar di Bula Ramadhan adalah melalui sedekah. Islam sering menganjurkan umatnya untuk banyak bersedekah bahkan pada bulan Ramadhan, amalan ini menjadi lebih dianjurkan lagi.

Allah dan Rasull-Nya memerintahkan bahkan memberi contoh untuk menjadi orang yang dermawan dan pemurah. Dan ketahuilah bahwa kedermawanan adalah salah satu sifat Allah,
‏إن الله تعالى جواد يحب الجود ويحب معالي الأخلاق ويكره سفسافها

“Sesungguhnya Allah Ta’ala itu Maha Memberi, Ia mencintai kedermawanan serta akhlak yang mulia, Ia membenci akhlak yang buruk.” (HR. Al Baihaqi)

Adapun keutamaan dari bersedekah itu sendiri, antara lain:

1. Sedekah dapat menghapus dosa
Rasulullah SAW bersabda:
“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi, 614)

2. Sedekah memberi keberkahan pada harta
Rasulullah SAW bersabda:

“Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.” (HR. Muslim, no. 2588)

3. Allah melipatgandakan pahala orang yang bersedekah
Allah Ta’ala berfirman:

إِنَّ الْمُصَّدِّقِينَ وَالْمُصَّدِّقَاتِ وَأَقْرَضُوا اللَّهَ قَرْضاً حَسَناً يُضَاعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ أَجْرٌ كَرِيمٌ

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (Qs. Al Hadid: 18)

Masyaallah tabarakallah. Semoga bermanfaat :)

Comments are closed.