Cara Menghilangkan Bau Pada Daging Kambing

Hari Raya Idul Adha selalu identik dengan olahan masakan daging hewan kurban seperti sapi dan kambing. Bahkan daging kambing merupakan salah satu yang paling digemari banyak orang. Nah, dalam hal ini pun terkadang untuk cara mengolahnya harus diolah dengan baik. Agar aroma tak sedap atau bau prengus yang dihasilkan dari daging kambing ini hilang. Hal ini yang menjadi tantangan saat mengolah daging kambing. Bau yang dihasilkan dari daging kambing ini amat sangat kuat. 

Tapi, jika kita berhasil mengolahnya dengan baik. Daging kamping ini bisa terasa empuk dan dapat dimasaka berbagai macam jenis masakan. Berikut ada tips mengolah daging kambing agar tidak bau dan lebih enak untuk dikonsumsi.

1. Jangan mencuci daging
Sebelum memasak daging biasanya, banyak orang yang mencuci daging terlebih dahulu agar bersih. Namun berbeda dengan daging kambing yang akan dimasak. Daging kambing yang dicuci, ternyata dapat mempertajam bau prengus dan membuat tekstur daging menjadi keras. Sebaiknya, daging kambing itu langsung dimasukkan ke dalam air rebusan bumbu rempah atau garam.

2. Buang lemaknya
Agar daging kambing tidak bau, maka kita harus membuang bagian lapisan lemak yang menempel pada daging. Ciri lemak biasanya berwarna putih, buanglah bagian ini sebelum memasaknya. Walaupun pada dasarnya lemak ini dapat memberikan rasa gurih pada daging. Rasa gurih alami yang dihasilkan pun berbeda dengan penguat rasa buatan. Untuk mempertahankan rasa gurih daging kambing, maka kita tidak perlu membuang semua lemaknya. Cukup kurangi sebagian, begitu lemak dikurangi bau prengus juga dapat berkurang.

3.Beri perasan jeruk nipis
Jeruk nipis ini dapat menghilangkan bau. Namun juga, dapat membantu dalam proses membunuh bakteri. Saat memasaka kita hanya perlu membalurkan perasan jeruk nipis ke seluruh daging dan diamkan selama kurang lebih 30 menit.

4. Balur dengan garam

Untuk menambah rasa gurih di dalam daging. Maka, kita pun saat merebusnya jangan lupa untuk menambahkan garam

Mungkin, itu saja tips cara menghilangkan bau dari daging kambing. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk baca artikel lainnya.

Comments are closed.