Apa itu Ibadah Haji?

Apa itu Ibadah Haji?

            Ibadah haji merupakan salah satu rukun islam yang ke 5. Berangkat haji ke Baitullah merupakan salah satu impian bagi setiap Muslim, sebab ibadah haji juga merupakan ibadah penyempurna rukun Islam.

Di dalam KBBI V, Ibadah haji ini adalah ibadah wajib yang dikerjakan minimal satu kali dalam hidup bagi yang mampu, dengan mengunjungi Baitullah di tanah suci pada waktu yang ditetapkapkan dengan rukun dan syarat tertentu.

“Dan (ingatlah), ketika kami menjadikan rumah (Ka’bah) tempat berkumpul dan tempat yang aman bagi manusia. Dan jadikanlah maqam Ibrahim itu tempat sholat. Dan telah Kami perintahkan kepada Ibrahim dan Ismail, “Bersikanlah rumah-Ku untuk orang-orang yang tawaf, orang yang itikaf, orang yang rukuk dan orang yang sujud!” (Qs. Al-Baqarah: 125)

Ibadah haji merupakan salah satu ibadah yang sangat diinginkan oleh semua umat muslim. Ibadah Haji ini bagian dari rukun Islam. Hukum ibadah haji ini diwajibkan bagi setiap muslim yang mampu.

Hukum melaksanakan ibadah haji terdapat di dalam Al-qur’an dan Hadist.

Di dalam Al-qur’an Allah Subhanahu Wa ta’ala berfirman, “Barang siapa memasukinya (Baitullah) amanlah dia. Dan (di antara) kewajiban manusia terhadap Allah adalah melaksanakan ibadah haji ke Baitullah, yaitu bagi orang-orang yang mampu mengadakan perjalanan ke sana. Barang siapa mengingkari (kewajiban) haji, maka ketahuilah bahwa Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari seluruh alam.” (Qs. Ali-’Imran: 97)

Dari Ayat tersebut dijelaskan bahwa hukum wajibnya haji. Maka, bagi kita umat muslim yang merasa mampu melaksanakan ibadah haji. Hendaklah menunaikannya.

Sedangkan di dalam hadist pun dijelaskan, dari Ibnu ‘Umar, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Islam dibangun di atas lima perkara: bersaksi tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Allah dan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah utusan-Nya, mendirikan shalat, menunaikan zakat, berhaji dan berpuasa di bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari no. 8 dan Muslim no. 16).

Hadits ini menunjukkan bahwa haji adalah bagian dari rukun Islam.

 

 

 

Comments are closed.