Tiga perkara yang harus di miliki oleh setiap muslim

MILIKILAH TIGA PERKARA

Apa saja tiga perkara yang harus di miliki oleh setiap muslim?
“Tiga perkara yang apabila seseorang memiliki ketiga-tiganya, maka akan sempurna imannya: (1) bersikap adil pada diri sendiri, (2) mengucapkan salam pada setiap orang, dan (3) berinfaq ketika kondisi pas-pasan.”
(Diriwayatkan oleh bukhari secara mu’allaq yaitu tanpa sanad. Syeikh Al-Albani dalam Al-iman mengatakan bahwa hadits ini shohih)

  • Adil Pada Diri Sendiri

Banyak yang beranggapan bahwa adil itu adalah kesetaraan, namun faktanya adil adalah suatu penyesuaian. Adil merupakan perkara yang dapat dilakukan oleh siapa saja, tidak hanya harus dimiliki oleh seorang hakim, pemimpin atau para penegak keadilan sekalipun. Namun, kita juga harus memiliki sikap adil pada diri sendiri. Paling tidak, kita pandai membagi waktu, memanfaatkan kesehatan yang kita punya dan menghargai segala sesuatu yang telah Allah berikan dalam kehidupan ini. 

  • Mengucapkan Salam pada Setiap Orang

Dari Abu Hurairah ra, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘allaihi wasallam  bersabda, “Kalian tidak akan masuk surga sehingga kalian beriman. Kalian tidak akan beriman sehingga kalian saling mencintai. Maukah aku tunjukkan sebuah amal yang bila dilaksanakan membuat kalian saling mencintai? Tebarkanlah salam.” (HR. Muslim) 

Berdasarkan hadits diatas, mengucapkan salam adalah sebuah anjuran yang sangat dibutuhkan. Bahkan, Rasulullah  shallallahu ‘allaihi wasallam  menyatakan arti pentingnya salam agar satu sama lain dapat saling mencintai. MasyaAllah… Amalan ringan ini bisa berdampak besar dan sangat luar biasa bukan? Jadi, mari biasakan diri saling mengucapkan salam jika bertemu saudara atau teman di jalan ya.

  • Berinfaq 

“Infaqkanlah (hartamu) dijalan Allah dan janganlah kamu jatuhkan (diri sendiri) kedalam kebinasaan dengan tangan sendiri dan berbuat baiklah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.” (Qs. Al-Baqarah: 215)
Meskipun dalam keadaan yang sempit, namun Allah akan melipatgandakan pahala bagi seseorang yang menginfaqkan hartanya. Ingatlah bahwa amal kebaikan yang kita lakukan akan Allah balas dengan kebaikan pula, begitupun sebaliknya.

“Mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang apa yang harus mereka infaqkan. Katakanlah, “Harta apa saja yang kamu infaqkan, hendaknya diperuntukkan bagi kedua orang tua, kerabat, anak yatim, orang miskin dan orang yang dalam perjalanan.” Dan kebaikan apa saja yang kamu lakukan, maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahui.” (Qs. Al-Baqarah: 215)

Dari penjelasan di atas semoga sahabat mampu mengambil ibroh atau pelajaran, agar kita bisa memiliki ketiga hal tersebut dan menjadi sebaik-baik makhluk di bumi ini yang mampu memberikan manfaat bagi yang lain.

Comments are closed.