Keutamaan Memberi Makan Orang Berpuasa

8 Keutamaan Memberi Makan Orang Berpuasa

1. Memberi Makan Orang Berpuasa Pahalanya Sama dengan Orang yang Berpuasa
Siapa yang tidak ingin jika saat berpuasa ia mendapatkan pahala sama seperti orang yang berpuasa? pahala puasanya dobel? Nah, jika sahabat ingin mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Maka, sahabat harus melakukan amalan yang luar biasa ini. Apa itu? Memberi makan orang yang berpuasa.
“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5: 192).

2. Sedekah akan Menyelamatkan Seseorang dari Panasnya Hari Kiamat
Setiap orang nantinya akan mendapat naungan dari amal baiknya di padang mahsyar hingga ia mendapatkan keputusan. Nah, salah satu kebaikan yang bisa kamu lakukan adalah bersedekah dengan cara memberi makan orang yang berpuasa. Sederhana bukan? Amalan ini sangat ringan untuk dilakukan. Namun, berat jika tidak lahir dari dalam hati kita.

3.Sedekah akan Menambah Keberkahan Harta
Harta kita tidak akan berkurang, saat kita menyedekahkan harta yang kita miliki. Dijelaskan dalam sebuah hadist yang berbunyi,
“Sedekah tidaklah mengurangi harta.” (HR. Muslim, no. 2588).
Dijelaskan oleh Imam Nawawi, maksud dari hadits di atas adalah :

  • Harta tersebut akan diberkahi dan akan dihilangkan berbagai dampak bahaya padanya. Kekurangan harta tersebut akan ditutup dengan keberkahannya.
  • Walaupun secara bentuk harta tersebut berkurang, namun kekurangan tadi akan ditutup dengan pahala di sisi Allah dan akan terus ditambah dengan kelipatan yang amat banyak. (Syarh Shahih Muslim, 16: 128)

4. Sedekah akan Memadamkan Dosa
Sahabat pasti tahu kan kalau air itu bisa memadamkan api? Nah seperti itu juga dengan sedekah. Sedekah itu ibaratkan air, dan dosa itu ibaratkan api. Dengan sedekah memberi makan orang berpuasa, bisa memadamkan dosa-dosamu Sahabat.

5. Mendapat Berkah Doa dari Orang yang Berpuasa
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda, “Tiga orang yang doanya tidak tertolak: pemimpin yang adil, orang yang berpuasa sampai ia berbuka dan doa orang yang terdzalimi, Allah akan mengangkatnya di bawah naungan awan pada hari kiamat, pintu-pintu langit akan dibukakan untuknya. Seraya berfirman: Demi keagungan-Ku, sungguh Aku akan menolongmu meski setelah beberapa saat.” [Hadis Hasan diriwayatkan oleh Tirmidzi, Ibnu Majah dan Ahmad]


Pasti mau kan didoakan oleh orang yang berpuasa? Yuk, berbagi rezeki kepada mereka. Jangan biarkan kesempatan baik hilang begitu saja.
    Itulah beberapa keutamaan yang bisa sahabat dapatkan, jika memberi makan orang yang berpuasa. Tentunya tidak mau bukan jika keutamaan itu hilang begitu saja? Tunggu apalagi yuk berbagi paket sahur dan buka bagi anak-anak yatim dhuafa.

Comments are closed.