Kamus Kehidupan

Kamus kehidupan

1. Yang Dekat itu Kematian

Imam Al-Ghazali pernah bertanya kepada murid-murid beliau tentang apa yang paling dekat dengan kita dalam kehidupan ini. Diantara murid-murid beliau ada yang menjawab orang tua, guru, teman dan kerabatnya. Imam Al-Ghazali kemudian menjelaskan bahwa yang paling dekat itu kematian, karena mati itu janji Allah yang pasti akan menimpa semua insan yang bernyawa di bumi ini.

2. Yang Jauh itu Masa Lalu

Imam Al-Ghazali menjelaskan yang paling jauh adalah masa lalu, karena bagaimanapun caranya kita tidak bisa kembali ke masa lalu, karena itu jangan membanggakan kebaikan di masa lalu. Teruslah meningkatkan kebaikan untuk hari ini dan esok hari.

3. Yang besar itu nafsu

Masalah yang terbesar dan terkadang tidak bisa dihindari oleh diri kita adalah hawa nafsu. Bahkan nafsu itu terkadang mampu menjerumuskan diri kita kejurang kenistaan.

4. Yang berat itu Amanah

Tumbuh-tumbuhan, binatang, gunung dan malaikat semua tidak mau menerima ketika Allah meminta mereka untuk menjadi khalifah (pemimpin) di dunia ini, tetapi manusia dengan sombongnya menyanggupi permintaan Allah. Sehingga menyebabkan manusia banyak masuk neraka, tersebab tak mampu menanggung amanah yang diberikan Allah.

5. Yang Ringan itu Meninggalkan Sholat

Hanya karena kesibukan kecil, menusia rela meninggalkan shalat. Padahal shalat adalah tiang agama. Jika manusia hanya hidup untuk mencari makan dan kesenangan. Maka tidak ada bedanya manusia dengan hewan.

6. Yang Tajam itu Lidah

Dengan lidah manusia mampu menyakitkan hati dan melukai perasaan saudaranya. Kita sering mendengar pepatah bijak mengenai bahaya lidah, yaitu "Kalau pedang melukai tubuh ada harapan akan sembuh, tapi kalau lidah melukai hati kemana obat hendak di cari."

 

Jangan lupa untuk selalu menjaga perbuatan kita dan saling menjaga satu sama lain.

 

Comments are closed.