Cara Mendapatkan Rezeki menurut Al-qur’an

Rezeki yang kita dapatkan tidak selalu harus harta maupun benda. Rezeki itu bisa berupa kesehatan, sahabat karib, keluarga yang selalu ada dalam kehidupan kita dan yang selalu menyayangi diri kita. MasyaAllah.. nikmat yang begitu luar biasa yang harus kita syukuri.

Tahukah sahabat bahwa rezeki itu sudah Allah atur untuk setiap hamba-Nya? Di dalam Al-qur’an telah disampaikan apa saja jenis-jenis rezeki yang Allah berikan untuk hamba-Nya? Rezeki yang Allah berikan bagi kita adalah segala nikmat yang mampu kita rasakan di dunia ini. Maka, sudah menjadi kewajiban kita untuk bersyukur atas apa yang telah Allah berikan.

1. Rezeki yang sudah dijamin Allah

Setiap makhluk di bumi ini telah Allah atur rezekinya, jadi kita tidak perlu khawatir akan apa yang belum didapatkan. Namun, tetaplah berusaha dan berdoa kepada Allah dan percaya kepada-Nya.

“Dan tidak satu pun makhluk bergerak (bernyawa) di bumi melainkan semuanya dijamin Allah rezekinya. Dia mengetahui tempat kediamannya dan tempat penyimpanannya. Semua (tertulis) dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfuz).” (Qs. Hud: 6)

2. Rezeki karena telah berusaha

“Dan bahwa manusia hanya memperoleh apa yang telah diusahakannya, dan sesungguhnya usahanya itu kelak akan diperlihatkan (kepadanya), kemudian akan diberi balasan kepadanya dengan balasan yang paling sempurna.” (Qs. An-Najm: 39-41)

Saat kita menginginkan sesuatu pasti kita akan berusaha untuk mendapatkan sesuatu itu. Bahkan rela berjuang dengan penuh perjuangan, hingga keberhasilan mampu didapatkan. Ya, begitulah rezeki yang akan kita dapatkan, jika kita berusaha dan insyaAllah akan Allah berikan hasil dari apa yang telah kita usahakan.

3. Rezeki dari Sedekah

“Barang siapa meminjami Allah dengan pinjaman yang baik, maka Allah melipatgandakan ganti kepadanya dengan banyak. Allah menahan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nyalah kamu dikembalikan.” (Qs. Al-baqarah: 245)

Maka, sudah sangat jelas saat kita dengan ikhlas memberikan sedekah bagi orang lain. Maka, Allah akan memberikan ganti dengan yang lebih baik. Jadi, jangan pernah perhitungan untuk memberi. Sebab dari memberi Allah akan memberikan rezeki dari arah yang tidak pernah kita duga.

4. Rezeki karena Bersyukur

Setiap apa yang terjadi di dalam diri kita. Semua itu berasal dari Allah, maka sudah seharusnya kita mensyukuri setiap apa yang Allah berikan. Karena saat kita mampu menerima apa yang Allah berikan, maka Allah akan memberi kenikmatan yang lebih baik bagi kita. Sebagaimana apa yang dijelaskan di dalam Al-qur’an, “Dan (ingatlah) ketika Rabbmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.”(Qs. Ibrahim: 7)

5. Rezeki karena Beristigfar

Allah akan memberikan rezeki kepada mereka yang selalu mengingat-Nya dengan cara senantiasa berdzikir dan mengingat Allah. InsyaAllah, akan Allah mudahkan rezekinya.

6. Rezeki karena Menikah

Dengan menikah, Allah akan membukakan pintu rezeki bagi mereka yang telah mengenapkan separuh agamanya. Sebagaimana Allah berfirman dalam Al-qur’an, “Dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian diantaramu dan orang-orang yang layak (menikah) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memberi kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya), Maha Mengetahui.” (Qs. An-Nur: 32)

7. Rezeki karena Anak

“Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut miskin. Kamilah yang memberi rezeki kepada mereka dan kepadamu.” (Qs. Al-Isra’: 31)

Salah satu jalan rezeki yang Allah berikan adalah dari anak. Maka, perlakukanlah anak kita dengan sebaik-baiknya, mendidiknya sesuai kaidah islam.

Semoga ada ilmu dan pelajaran yang didapatkan. Jangan lupa untuk selalu bersyukur atas apa yang Allah berikan. Mari beramal dan berbuat baik dengan berbagi

 

 

Comments are closed.