Agar Doa Terkabul, Simak Tipsnya

Setiap dari kita pasti ingin doanya terkabul. Untuk mewujudkannya tentu kita harus memperhatikan sebab terkabulnya doa tersebut. Sebab, janji Allah kepada setiap hamba-Nya yang berdoa dengan sungguh-sungguh, Allah akan mengabulkan doa hamba-Nya sebagaimana dalam firman Allah:

“Dan Rabbmu berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk ke Neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.” (Qs. Ghafir: 60)

“Sungguh, Tuhanku benar-benar Maha Mendengar (memperkenankan) doa.” (Qs. Ibrahim: 39)

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah) sesungguhnya Aku dekat. Aku kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka itu memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku agar mereka memperoleh kebenaran.” (Qs. Al-baqarah: 186)

Dari penjelasan beberapa ayat di atas semoga bisa menambah ketakwaan kita kepada Allah dan agar kita senantiasa berdoa dan meminta pertolongan kepada Allah. Namun, saat kita berdoa kita pun dianjurkan untuk menghadirkan hati kita dan bersungguh-sungguh. Karena doa tidak hanya sekadar menggerakan lisan saja, namun juga doa adalah apa yang hadir dalam hati kita. Jangan sampai kita berdoa kepada Allah, tetapi hati kita lalai. 

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Berdoalah kepada Allah dalam keadaan kalian yakin akan dikabulkan. Ketahuilah bahwa sungguh Allah biasanya tidak mengabulkan doa yang keluar dari hati yang tidak konsentrasi dan lalai.” (HR. Tirmidzi, hasan).

Di antara tanda tidak hadirnya hati ketika berdoa adalah banyaknya gerakan yang tidak perlu ketika berdoa. Engkau dapati ada orang yang lisannya berucap, namun tangannya sibuk memainkan tanah atau memegang baju atau melakukan aktivitas lainnya. Atau engkau dapati pandangannya menoleh ke kanan dan ke kiri saat berdoa. Itu semua menunjukkan hatinya tidak ikut hadir ketika berdoa.

Untuk itu saat kita berdoa dan meminta perlindungan kepada Allah. Maka, hendaklah kita menghadirkan hati kita sepenuhnya dan mengharap keridhoan Allah. Semoga dari setiap doa yang sahabat ucapkan Allah ijabah. Aamiin...

 

Comments are closed.