KEUTAMAAN BULAN RAJAB

Bulan Rajab merupakan salah satu bulan baik. Dimana pada bulan ini kita dapat berlomba-lomba untuk beramal saleh dan melakukan banyak kebaikan. Keutamaan Bulan Rajab merupakan salah satu dari bulan Haram. Jadi, pada bulan haram ini merupakan bulan yang dimuliakan, bulan yang dilarang keras untuk melakukan maksiat, namun diperintahkan bagi kita untuk memperbanyak amalan salih.

Bulan Rajab terletak antara bulan Jumadil Akhir dan Bulan Sya'ban. Allah SWT berfirman,
إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ

”Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu.” (QS. At Taubah: 36)

”Setahun berputar sebagaimana keadaannya sejak Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun itu ada dua belas bulan. Di antaranya ada empat bulan haram (suci). Tiga bulannya berturut-turut yaitu Dzulqo’dah, Dzulhijjah dan Muharram. (Satu bulan lagi adalah) Rajab Mudhor yang terletak antara Jumadal (akhir) dan Sya’ban.” (HR. Bukhari no. 3197 dan Muslim no. 1679).

Terdapat berbagai keutamaan yang didapatkan pada bulan Rajab yang perlu diketahui oleh umat Islam, diantaranya:

  1. Peristiwa Isra' Mi'raj
    Salah satu peristiwa penting dalam Islam juga terjadi di bulan Rajab. Peristiwa itu adalah Isra Mi’raj, saat Nabi Muhammad SAW diangkat oleh Allah SWT ke langit ke-7. Saat Isra Mi’raj ini juga-lah, titah untuk melaksanakan salat lima waktu dikeluarkan. Isra Mi’raj menjadi salah satu keutamaan bulan Rajab yang dimuliakan ini.

  2. Bulan Pertaubatan
    Sepanjang bulan Rajab, umat Islam dianjurkan untuk bertobat. Bahkan disebutkan bahwa Allah SWT akan mengabulkan semua doa umat Muslim, termasuk permohonan ampun atas segala dosa yang pernah dilakukan.

  3. Malam Rajab, Malam yang Mustajab
    Apabila Anda berdoa di malam pertama bulan Rajab, maka semua doanya akan dikabulkan. Hal ini juga ditegaskan oleh Imam Syafi’i dalam kitab Al-Umm, yakni sebagai berikut:
    “Telah sampai berita pada kami bahwa dulu pernah dikatakan: Sesungguhnya doa dikabulkan pada 5 malam: malam Jumat, malam hari raya Idul Adha, malam hari raya Idul Fitri, malam pertama bulan Rajab dan malam nisfu Syaban.”

  4. Bulan Penuh Rahmat
    Keutamaan lainnya dari bulan Rajab adalah di bulan ini banyak rahmat yang dicurahkan Allah SWT kepada kita para umat-Nya. Rahmat berarti kasih sayang. Di bulan ini Allah membuka pintu rahmat yang lebar, sehingga perbanyaklah berdoa dan beristigfar di bulan Rajab.

Semoga Bermanfaat..

Comments are closed.