Manfaat Berbagi

Tujuan dari berbagi adalah meringankan beban dan membahagiakan orang lain. Bukan hanya itu ternyata berbagi juga mempunyai manfaat lain. Di dalam islam, kebahagiaaan adalah elemen terpenting yang harus kita raih dan pertahankan.  Sebab kebahagiaan itu bukan hanya untuk kehidupan saat ini, namun juga kebahagiaan di akhirat. Bukan hanya itu, saat kita membuat orang lain bahagia, hati kita pun akan ikut merasakan bahagia. 
    Kita sebagai muslim, dianjurkan untuk bisa berbagi kebahagiaan pada orang lain, terutama saudara kita yang membutuhkan. Tahukah sahabat bahwa, bukan hanya itu saja manfaat dari berbagi. Melainkan ada beberapa manfaat lain saat kita mampu berbagi pada orang lain:

1.Mendapatkan ampunan dari Allah
    Dalam kitab Al ‘Athiyyatul Haniyyah yang artinya: “Barang siapa yang membahagiakan orang mukmin lain, Allah Ta’ala menciptakan 70.000 malaikat yang ditugaskan memintakan ampunan baginya sampai hari kiamat sebab ia telah membahagiakan orang lain.”

MasyaAllah bukan, saat kita membahagiakan orang lain. Allah akan memberikan ampunan bagi kita. Amalan yang ringan dan bisa kita lakukan dengan sepenuh hati.

2.Bagi yang menyambung tali silaturahim akan dikarunia umur yang panjang
    Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Al-Imaam Al-Bukhaariy rahimahullah, dijelaskan bahwa orang yang senantiasa menyambung tali silaturahmi, akan dikaruniai baginya umur yang panjang. 
“Dari Anas bin Maalik radliyallaahu ‘anhu, ia berkata: Aku mendengar Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barang siapa yang suka diluaskan rezekinya dan ditangguhkan kematiannya, hendaklah ia menyambung silaturahmi.” [Sahih Al-Bukhari no. 2067]
    
    Sahabat, saat kita gemar membahagiakan orang lain dan menyambung silaturahim, Allah akan memberikan karunia yang begitu luar biasa. Untuk itulah kita harus bisa menjaga tali silaturahim dan memperkuat ukhuwah. Yuk pererat lagi tali persaudaraan dan saling membahagiakan hati satu sama lain.

3.Allah akan memberikan kemudahan dalam hidup kita
    Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Allah senantiasa menolong hamba selama ia menolong saudaranya.” [HR Muslim no. 2699]
Allah begitu baik kepada kita, bahkan dalam hadist tersebut dijelaskan bahwa siapa yang menolong saudaranya, Allah akan memberikan kemudahan dalam hidupnya. Untuk itu kita harus bisa selalu peduli dan mengingat saudara-saudara kita. Jangan biarkan kita merasakan bahagia seorang diri. Karena kebahagiaan itu, akan jauh lebih baik saat dibagi kepada yang lain.
Mungkin masih banyak lagi manfaat dari berbagi, tapi mungkin dari ketiga point di atas dapat membuka cara pandang kita. Agar kita selalu melakukan kebaikan dalam hidup ini.

Comments are closed.