Tetap Tenang Saat PPKM, Simak Tipsnya
Ditulis oleh Administrator pada 04 Juli 2021

Merebaknya pandemi covid-19 di Indonesia, membuat banyak sekali kegiatan yang kini harus dilakukan secara work from home. Mungkin bagi sebagian orang akan mengalami rasa bosan dan bahkan merasa cemas akan situasi yang terjadi saat ini.  Untuk itu di artikel ini, kita akan membahasa mengenai tips tetap tenang hadapi PPKM, simak tipsnya:

1. Kurangi scroll social media

Melihat banyak sekali informasi seputar virus corona di sosial media. Maka, kita pun harus membatasi diri untuk bermain sosial media, agar kita dapat mengurangi kecemasan dan menghindari diri dari kepanikan.

2. Buatlah kegiatan yang menyenangkan selama di rumah

Buatlah kesibukan dengan menyusun jadwal yang menyenangkan. Rutinitas harian yang menyenangkan dapat membuat diri, mampu untuk berpikir positif. Gunakan waktu luang untuk melakukan kreativitas atau bahkan menyempatkan diri untuk membaca buku. Dan, jika waktu luang yang dimiliki masih sangat banyak, jangan lupakan rutinkan tilawah Al-qur’an dan berdzikir mengingat Allah.

3. Rutinkan diri untuk berolahraga.

Untuk menjaga kesehatan tubuh dan menjaga kebugaran tubuh kita, olahraga mampu menjadi pilihan. Tak perlu berolahrga terlalu berat, sahabat bisa memulai untuk olahraga ringan, seperti melihat video tutorial di internet. Lakukan olahraga ringan min 15 menit - 30 menit sehari, insyaAllah tubuh pun akan merasakan segar dan vit. InsyaAllah…

4. Melakukan eksperimen yang bermanfaat

Saat banyak waktu yang dimiliki selama di rumah, banyak hal yang bisa kita lakukan. Apalagi bagi ibu-ibu atau anak muda yang ingin mencoba belajar memasak menu baru atau sekadar untuk belajar memasak. Masa ini menjadi waktu yang tepat untuk meningkatkan skill. Bagi yang mempunyai hobi menjahit, cobalah membuat sesuatu dan meningkatkan lagi kemampuan menjahitnya.

Jadikanlah waktu PKM ini, sebagai waktu untuk mengasah skill agar lebih baik lagi. Semangat semoga berhasil.

5. Menerapkan mindfulness

Saat kita banyak menghabiskan waktu dengan melamun atau memikirkan hal-hal negatif, maka hal ini dapat menimbulkan kecemasan dan mengacu diri untuk mengalami stress. Untuk itu kita harus menerapkan mindfulness ini di dalam diri. mindfulness ini membuat diri mampu memahami kondisi sekitar, mampu mengontrol emosi, perasaan, dan berbagai persoalan yang sedang dihadapi.

6. Perbanyak Mengingat Allah

Mengingat Allah akan membuat hati kita menjadi tentram. Sebagaimana Allah Subhanahu Wa ta'ala berfirman, “(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram.” (Qs. Ar-ra’d: 28)

Semoga Allah melindungi kita semua dari pandemi yang sedang berlangsung ini dan semoga pandemi ini segera berakhir. Jangan lupa stay safety, stay healthy.

 

 

WhatsApp