Puasa Arafah
Ditulis oleh Administrator pada 19 Juli 2021

Hari ini tepat pada tanggal 9 Dzulhijah. Biasanya setiap muslim akan melaksanakan ibadah puasa arafah. Puasa ini dilaksanakan bagi kaum muslimin yang tidak melaksanakan ibadah haji.  Puasa Arafah ini pun memiliki keutamaan, sebagaimana dijelaskan oleh Abu Qotadah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Puasa Arofah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim no. 1162)

Selain itu, bagi sahabat yang melaksanakan puasa arafah ini. Semoga Allah memberikan kemudahan dan kelancaran dalam menjalankannya. Nah, selain keutamaan di atas ternyata ada lagi keutamaan bagi orang yang berpuasa.

Doa orang yang berpuasa itu mustajab, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Sebaik-baik doa adalah doa pada hari arafah." (HR. Tirmidzi no. 3585. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadist ini hasan). Maksudnya, inilah doa yang paling cepat dipenuhi atau terkabul. (Lihat Tuhfatul Ahwadzi, 10:33)

Ibnu Hajar Al-Asqalani berkata: "Alasan yang menjadikan 10 hari pertama Dzulhijjah menjadi sangat istimewa adalah karena ibadah-ibadah induk terkumpul dan terkonsentrasi pada waktu ini. Seperti shalat, puasa, sedekah, dan haji. Ibadah-ibadah seperti ini tidak terdapat pada hari-hari yang lain.

Yuk perbanyak amalan kita hari ini, Kuatkan doa dan sedekahnya semoga apa yang kita lakukan hari ini Menjadikan Allah ridho dan menjadi penyebab Allah hapuskan segala dosa dan Allah datangkan pertolongan atas kesulitan yang kita hadapi

WhatsApp