Kisah dalam surat Al-kahfi
Ditulis oleh Administrator pada 08 Juli 2021

Membaca Al-qur’an mempunyai banyak manfaat dan keuntungan. Apalagi membaca surat Al-kahfi di hari Jum’at. Lalu, apa saja keutamaan membaca surat Al-kahfi Sebelum membahas lebih dalam mengenai keutamaannya, mari kita ulas surat Al-Kahfi menceritakan tentang para pemuda yang menghuni sebuah gua yang sering disebut sebagai Ashabul Kahfi.

Surat ini terdiri dari 110 ayat yang di dalamnya bukan hanya bercerita tetang pemuda di dalam gua saja. Namun, di dalam satu surat menjelaskan 4 kisah. Beberapa kisah di dalam surat Al-kahfi itu mari kita ulas:

1. Kisah yang pertama tentu dimulai dari kisah Ashabul Kahfi

Dalam cerita ini, para pemuda yang sengaja mengasingkan diri ke gua untuk mempertahankan aqidah mereka, karena aqiqah yang mereka yakin. Maka, mereka harus menanggung kosekuensi dari penguasa yang dzalim. Para pemuda itu mendapatkan banyak petunjuk dari Allah, segala kebaikan dan keimanannya. Mereka pun tertolong Allah.

2. Kisah kedua mengenai Shaahibul Jannatain, yang tidak lain adalah pemilik dua kebun.

Ada seorang pemilik kebun yang merasa hartanya dan kebunnya tidak akan binasa. Sehingga, harta yang dimiliki akan tetap melimpah. Bahkan orang tersebut sering berbuat jahat pada saudaranya. Namun, atas Kuasa Allah kebun itu pun binasa. Pelajaran dari kisah ini adalah apapun harta yang dimiliki semuanya milik Allah.

3. Cerita tentang Nabi Musa allaihisasalam

Di dalam Surat Al-kahfi dijelaskan mengenai bagaimana Nabi Musa mencari tentang hakikat ilmu yang sebenarnya kepada Khidir alaihisalam. Dari cerita ini kita dapat mengambil pelajaran bahwa ilmu harus disertai dengan keimanan.

4. Kisah tentang Zulkarnain

Di dalam Al-qur’an Surat Al-kahfi menceritakan tentang kisah Zulkarnain yang merupakan seorang penguasa yang dilandasi dengan ketauhidan. Dari kisah Raja Zulkarnain ini kita bisa mengambil hikmah bahwa kekuasaan atau kedudukan adalah amanah yang besar tanggungjawabnya.

Semoga dari kisah-kisah di atas dapat memberikan pelajaran bagi kita dalam kehidupan. Lalu, bagaimana keutamaan membaca Surat Al-Kahfi di hari Jumat? Nantikan dipostingan selanjutnya.

WhatsApp