Apa Keutamaan Shalat Lima Waktu?
Ditulis oleh Administrator pada 09 Juni 2021

Shalat lima waktu adalah salah satu rukun Islam yang wajib kita laksanakan. Dilihat dari segi kesehatan tubuh dan batin, ternyata banyak sekali loh manfaat saat kita melaksanakan shalat lima waktu ini. Untuk itu kita sebagai umat Islam diperintahkan untuk melaksanakan shalat lima waktu dan bagi yang meninggalkan shalat lima waktu dengan sengaja akan mendapatkan dosa. Agar kita semakin taat melaksanakan ibadah shalat lima waktu ini, mari kita simak beberapa keutamaan dari shalat lima waktu ini:

1. Memberi Ketenangan Batin

Ternyata saat kita melaksanakan ibadah shalat lima waktu ini, hati kita akan menjadi lebih tenang. Bahkan saat kita melaksanakan ibadah shalat ini kita akan terkoneksi dengan Allah, apalagi saat hati kita benar-benar berserah diri kepada-Nya, menghayati setiap bacaan dan gerakan shalata dengan baik. InsyaAllah … Allah akan hadirkan ketenangan dalam hati kita. Untuk itu mari perbaiki bacaan shalat kita dan kerjakan shalat lima waktu dengan tepat waktu. Agar kita senantiasa merasakan ketenangan dalam hidup kita.

2. Shalat dapat menjadikan kita sebagai pribadi yang komitmen dan teratur

Saat kita mampu melaksanakan shalat lima waktu dengan tepat,makakita mampu menjadi pribadi yang teratur. Mengapa demikian? Sebab, untuk bisa melaksanakan shalat lima waktu ini dibutuhkan sebuah komitmen yang tinggi. Apalagi ditengah kesibukan kita sehari-hari, kita pun harus mampu memprioritaskan sholat dan mendahulukannya, sesibuk apapun diri kita.

Dari sini kita belajar untuk memiliki komitmen yang tinggi dan belajar memiliki sikap yang teratur, sehingga akan lahir dalam diri kita sikap tanggung jawab yang tinggi. Apalagi tugas kita dibumi adalah menjadi khalifah, maka wajib untuk memiliki sikap tanggung jawab. Sebagaimana dalam firman Allah,

“Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat, “Aku hendak menjadikan khalifah di bumi.” Mereka berkata, “Apakah Engkau hendak menjadikan orang yang merusak dan menumpahkan darah di sana, sedangkan kami bertasbih memuji-Mu, “Sungguh, Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui,” (Qs. Al-Baqarah: 30)

3. Dapat menjauhkan kita dari perbuatan buruk

Saat kita rajin untuk melaksanakan ibadah shalat lima waktu, maka pikiran kita pun akan mampu berpikir dengan jernih. Sehingga, kita akan terhindar dari penyakit hati dan terhindar dari melakukan perbuatan buruk, sebab saat menunaikan shalat berarti kita berpasrah kepada Allah.

4.Shalat baik bagi kesehatan

Ternyata gerakan-gerakan shalat itu baik bagi kesehatan tubuh kita loh. Salah satunya yaitu ketika kita melakukan sholat mampu melancarkan peredaran darah, melemaskan sendi-sendi tubuh. Apalagi aktivitas keseharian kita yang begitu padat dan mampu menyebabkan tubuh kita mudah lelah. Nah, cara mengatasinya bisa dengan melakukan ibadah sholat dengan baik dan benar.

Nah, sahabat ternyata banyak sekali manfaat shalat yang baik untuk kesehatan tubuh dan ketenangan batin. Setiap orang yang beragama Islam wajib untuk menjalankan shalat secara tepat waktu.

Jangan sampai kita meninggalkan shalat dengan sengaja ya sahabat. Sebab, shalat itu adalah ibadah yang wajib bagi umat islam.

 

 

WhatsApp