Tips Puasa Sehat Selama Bulan Ramadhan

Tak terasa kita sudah berada di pertengahan Ramadhan. Semoga kita semakin bersemangat dalam menunaikan ibadah di bulan Ramadhan. Agar tubuh tetap segar dan bugar, ada beberpa tips yang dapat sahabat terapkan. Apa  saja tipsnya? Mari, kita simak penjelasannya:

1. Sempatkan Sahur

Saat bulan Ramadhan mungkin kita akan merasa malas bangun di tengah malam untuk makan. Namun, saat kita tidak sahur, tubuh akan merasa cepat lemas. Bahkan akan mungkin, rasa lapar akan datang sebelum waktu berbuka. Untuk itu kita di sunahkan untuk melakukan sahur.

Biasakanlah sahur satu jam sebelum imsak. Serta kita harus mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein. Semoga kita bisa menjalani ibadah puasa dengan penuh semangat.

2. Makan dengan porsi yang cukup

Kita sering kali melihat banyak orang yang kalap saat sahur dan berbuka. Mereka berpikir bahwa saat makan dengan porsi banyak mampu menjaga rasa lapar dan mampu mengenyangkan. Namun, tahukah sahabat bahwa kebiasaan ini akan membawa dampak yang buruk bagi tubuh kita.

Untuk itu kita dianjurkan untuk makan dengan porsi yang wajar, agar kita tidak merasakan lemas dan metabolisme tubuh pun berjalan dengan normal.

3.Tidur yang Cukup

Saat berpuasa kita harus bisa menjaga pola tidur. Jangan hanya menjaga pola makan saja, lalu waktu tidur dibiarkan begitu saja. Jika kita tidak terlalu larut, tubuh akan mudah letih. Akibatnya, kita kehilangan sedikit semangat untuk beraktivitas dan mungkin mengakibatkan ibadah pun menjadi berkurang.

Agar tubuh lebih segar dan bugar, cobalah tidur pukul sebelas malam. Agar lebih mudah bangun saat sahur dan lebih sehat saat menjalani aktivitas harian.

4. Mengkonsumsi Vitamin, Buah-buahan dan sayuran

Di bulan Ramadhan yang masih dalam pandemic ini, kita harus menjaga daya tahan tubuh. Agar tetap  fit dan tidak mudah terserang penyakit. Saat sahur atau berbuka, sempatkan diri untuk mengkonsumsi sayur, buah-buahan dan tambahan multivitamin dengan rutin.

Dan jangan lupa  untuk memperbanyak minum air putih, karena tubuh kita sangat membutuhkan air.

5. Berolahraga

Olahraga di sini tidak harus yang berat, tapi berolahragalah yang ringan-ringan saja. Sebab, olahrga ini dapat menyeimbangkan metabolisme tubuh dan memaksimalkan proses sekresi zat-zat yang tidak diperlukan oleh tubuh. Kapan kita berolahraga? Waktu terbaik untuk berolahraga saat puasa adalah di pagi hari dan atau sebelum berbuka. Olahraga yang dapat sahabat lakukan, bisa berupa jogging atau senam.

Semoga beberapa tips di atas dapat bermanfaat buat kita semua. Jangan lupa bagikan postingan ini, jika bermanfaat.

Comments are closed.