Tips Menjaga Kesehatan di Musim Pancaroba

Indonesia merupakan negara yang memiliki 2 musim, musim penghujan dan musim kemarau. Pada masa peralihan musim biasa dikenal dengan musim pancaroba. Nah sahabat, di musim pancaroba ini kondisi cuaca sangat tidak menentu, bisa hujan dan bisa panas terik. Bahkan, di masa pancaroba ini tubuh kita pun sangat terpengaruh, sebab kondisi cuaca yang tiba-tiba terasa dingin dan tiba-tiba panas. Sehingga, kondisi Kesehatan kira pun menjadi kurang baik dan mudah sakit.

Untuk menjaga Kesehatan tubuh, agar tetap baik. Berikut ada 6 tips yang bisa sahabat lakukan.

1. Tetap Membawa Payung atau Jas Hujan

Meskipun di masa pancaroba, hujan tidak dapat diprediksi dan terkadang turun secara tak terduga. Maka hendaknya kita selalu sediakan payung atau jas hujan saat bepergian, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi agar saat hujan turun, kita tidak kehujanan.

2. Konsumsi Makanan dan Minuman yang Cukup

Sahabat, untuk menjaga kondisi dan daya tahan tubuh kita di masa pancaroba, hendaklah kita makan dan minum yang bergizi serta cukup, sehingga dapat terhindar dari penyakit. Selain itu, sahabat di rumah juga bisa memperbanyak meminum air putih, karena air putih ini, dapat membantu mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh serta mengeluarkan zat-zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh.

3. Istirahat yang Cukup

Setiap hari kita melakukan banyak sekali aktivitas, dan mungkin tubuh kita pun membutuhkan waktu untuk beristirahat. Ketika kondisi tubuh kita Lelah, maka daya tahan tubuh pun akan melemah dan mudah terserang penyakit. Oleh karena itu, kita harus mampu menjaga kondisi agar tubuh selalu fit dan tidak mudah Lelah, dengan membiasakan diri untuk memiliki waktu istirahat yang cukup.

4. Rajin Berolahraga

Sahabat, meskipun cuaca tidak menentu dan rutinitas sehari-hari membuat diri kita sulit memiliki waktu untuk berolahraga di luar rumah.  Setidaknya, kita tetap menyediakan waktu yang cukup untuk berolahraga, walau hanya di dalam rumah. Seperti melakukan beberapa olahraga ringan. Berikut ada beberapa olahraga ringan yang bisa sahabat lakukan di rumah: push up, squat jump, sit up, yoga dan gerakan ringan lainnya. InsyaAllah kebugaran tubuh dapat tetap terjaga, jika kita melakukannya secara rutin.

5. Menjaga Kebersihan Tubuh dan Lingkungan

Kebersihan adalah aspek yang sangat penting dan sangat mempengaruhi kesehatan tubuh kita. Untuk itu, kita harus bisa menjaga kebersihan tubuh dengan rajin mandi, mencuci tangan, serta menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Salah satunya dengan menyapu, mengepel dan membuang sampah pada tempatnya.

Semoga beberapa tips di atas dapat bermanfaat dan semoga kita semua senantiasa diberikan kesehatan oleh Allah. Aamiin…

---

Sumber rangkuman: Hellosehat dan Lifebuoy

Comments are closed.