Tips bijak menggunakan sosial media

Pada zaman sekarang, teknologi internet seolah menjadi kebutuhan pokok penduduk dunia karena memang banyak membantu memudahkan segala urusan. Salah satu yang paling banyak peminatnya adalah media sosial. Salah satu platform yang bermunculan adalah Facebook, Twitter, Instagram dan sebagainya.

Setiap platform yang ada di media sosial, memiliki fungsi tersendiri. Namun, tujuannya tetap untuk memudahkan kita untuk berinteraksi dengan banyak orang dari berbagai belahan dunia, sekaligus sebagai tempat untuk berbagi pikiran, informasi, foto ataupun video agar dilihat banyak orang. Nah, dari banyaknya kemudahan yang ada. Kita harus bisa untuk tetap waspada dalam menggunakan media sosial dengan bijak dan agar tetap aman dan tidak salah dalam menggunakan media internet. 

Agar kita bisa menggunakan media sosial dengan tenang dan aman. Berikut tips yang bisa kamu lakukan agar mampu menggunakan media sosial dengan bijak dan aman.

1. Berpikir sebelum mengunggah.

Banyak sekali kejadian yang fatal dan berakibat sangat parah dari unggahan atau komentar seseorang di media sosial. Apalagi, jika postingan itu mengandung SARA. Maka, akan ada orang yang melaporkannya ke pihak berwajib karena postingannya. Jadi, kita sebagai pengguna media sosial harus sangat berhati-hati. Mulailah menggunakan media sosial dengan bijak dan berpikirlah terlebih dahulu sebelum mengunggah postingan di sosial media.

2. Jauhi emosi.

Hindari menggunakan media sosial saat kamu sedang emosi atau marah. Ketika kita sedang tersulut api amarah, biasanya kita sudah tidak berpikir panjang lagi saat mengetik kata-kata. Tentu hal itu sangat berbahaya dan bisa membuatmu sangat menyesal akibat dampak buruk yang ditimbulkan. Semoga kita dapat terhindar dari tersulut emosi dalam menggunakan media sosial.

3. Silaturahmi.

Memanfaatkan media sosial untuk menjalin silaturahmi dengan teman, keluarga besar yang jarang bertemu karena kesibukan, tetangga, teman lama dan orang-orang yang pernah berinteraksi denganmu. Teknologi membantu menghubungkan kita dengan mereka yang tinggalnya jauh di sana. Jadi, kalaupun kita tidak sempat saling mengunjungi, setidaknya melalui media sosial kita bisa berkomunikasi seperti menanyakan kabar dan sebagainya.

4. Buku lebih baik.

Internet memang menyajikan banyak sekali informasi mengenai hal yang ingin kita cari. Tapi sayangnya, tidak semua informasi yang beredar di media sosial itu akurat dan bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya alias hoax. Kalau salah sumber, kamu dan orang lain pun bisa ikut merasakan dampaknya. Jadilah pengguna media sosial yang cerdas. Jadi, ketimbang mencari informasi di sumber-sumber yang tidak jelas, atau sudah mendapat informasi terpercaya tapi masih ragu, lebih baik kamu lengkapi dengan membaca buku. Meski internet memberikan banyak informasi, tapi kita pun harus bisa untuk dekat dengan buku. 

5. Batasi menggunakan media sosial.

Teknologi internet memang mampu membantu kita untuk berinteraksi dengan mereka yang jauh dan jarang bisa kita temui. Namun, sebisa mungkin kita pun harus memberikan batasan waktu dalam menggunakan media sosial. Sewaktu-waktu kita harus bisa sesekali meluangkan waktu untuk bisa bersosialiasasi di kehidupan nyata. Sempatkan waktu untuk berkunjung ke rumah sepupu, om, tante dan tetangga dan teman untuk sekadar bertamu, membagikan makanan atau memberikan oleh-oleh. 

6. Menjaga Etika.

Bersosialisasi di dunia maya ataupun nyata tentu harus ada etika. Kita tidak bisa seenaknya berperilaku atau menulis kata-kata, apalagi sampai menyinggung SARA (suku, agama, ras dan antargolongan). Setiap orang punya latar belakang budaya berbeda, hormati itu dan jangan pernah menghina ataupun merendahkan. Tentunya, kita pun tentu ingin mendapatkan respon baik dan membagikan hal-hal positif dan menginspirasi.

7. Jaga privasi.

Dalam menggunakan sosial media, kita jangan sampai membagikan informasi yang bersifat pribadi. Karena di media sosial, tidak semua orang kita kenal. Maka, kita pun harus dengan bijak untuk menggunakan media sosial.

Semoga bermanfaat dan semoga kita bisa menggunakan media sosial dengan bijak. Jangan sampai kita terjerumus dalam menggunakan media sosial.

Comments are closed.