Tenang Dengan Shalat

Hakikatnya hidup adalah ujian dan cobaan. Mungkin ada satu masa kita menghadapi berbagai permasalahan yang dirasa sulit atau berat. Pada saat tertentu, permasalahan seakan membuat pikiran dan jiwa tertekan. Ya, kesibukan dunia memang seringkali membuat seseorang mengalami hal seperti itu.

Nabi SAW disebutkan juga seringkali menyuruh sahabatnya, Bilal bin Rabah untuk mengumandangkan adzan shalat ketika Beliau merasa telah terlalu tersibukkan dengan urusan duniawi sehingga membuat Beliau letih, “Wahai Bilal, berdirilah, lantunkan azan dan istirahatkanlah kita dengan shalat.” (HR Abu Dawud).

Shalat dapat menenangkan hati, pikiran, dan jiwa yang gundah juga fisik yang letih akibat tenaga terlalu banyak diforsir. Sebab, dalam shalat, seseorang sejatinya tengah menghadap Allah SWT, meninggalkan sejenak kesibukan duniawi untuk memberikan kesempatan bagi rohani atau jiwanya untuk berkomunikasi dengan-Nya.

Allah SWT berfirman,
"Yaitu orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingat, hanya dengan mengingat Allah, hati menjadi tenteram." (QS. Ar-Rad : 28)

Masyaallah, semoga bermanfaat :)

Comments are closed.