TAWAKAL

Sebagian dari kita seringkali menganggap bahwa tawakal adalah sikap pasrah tanpa melakukan usaha. Ibnu Rajab rahimahullah dalam Jami’ul Ulum wal Hikam tatkala menjelaskan hadits no. 49,

"Tawakal yang sebenarnya merupakan penyandaran hati pad Allah SWT untuk meraih berbagai kemaslahatan dan menghilangkan bahaya baik dalam urusan dunia maupun akhirat, menyerahkan semua urusan kepada-Nya serta meyakini dengan sebenar-benarnya bahwa tidak ada yang memberi, menghalangi, mendatangkan bahaya, dan mendatangkan manfaat kecuali Allah semata."

Adapun beberapa keutamaan tawakal menurut pandangan islam, diantaranya adalah

  1. Memperoleh Kecukupan dari Allah
    Orang yang bertawakal dijamin mendapatkan rasa cukup dari Allah SWT.
    "Dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barang siapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu." (Qs. At-Talaq : 6)

  2. Meningkatkan Keimanan
    " ..... Dan bertawakallah kamu hanya kepada Allah, jika kamu orang-orang beriman'." (Qs. Al Maidah : 23)

  3. Mendapatkan Kebaikan Dunia Akhirat
    "Dan orang yang berhijrah karena Allah setelah mereka dizalimi, pasti Kami akan memberikan tempat yang baik kepada mereka di dunia. Dan pahala di akhirat pasti lebih besar, sekiranya mereka mengetahui, (yaitu) orang yang sabar dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal." (Qs. An-Nahl : 41-42)

  4. Terhindar dari Godaan Syetan
    "Sungguh, setan itu tidak akan berpengaruh terhadap orang yang beriman dan bertawakal kepada Tuhan." (Qs. An-Nahl : 99)

Semoga Bermanfaat..

Comments are closed.