Syarat Hewan Qurban

Saat ingin melaksanakan ibadah kurban tentu kita ingin agar kurban yang kita lakukan diterima oleh Allah. Untuk itu kita harus mengetahui mengenai ketentuan melaksanakan qurban yang benar dan sesuai dengan hukum syariat.

Setiap hewan tidak bisa untuk disembelih dan dijadikan kurban, sebab hanya hewan yang memenuhi syarat saja yang bisa dijadikan kurban. Lalu, apa saja sih syarat hewan Qurban yang sesuai dengan Syariat? Mari kita tambah wawasan kita dengan membaca artikel ini sampai selesai.

Ada 4 syarat utama yang harus dipenuhi untuk hewan yang akan disembelih, yaitu:

1. Memiliki Umur yang Cukup

Syarat utama hewan yang bisa dijadikan kurban adalah memilih umur yang cukup. Umur minimal kambing yang bisa dijadikan untuk kurban adalah 1 tahun atau sudah memasuki umur 2 tahun pada saat akan disembelih, umur domba yang bisa dijadikan hewan kurban minimal berumur 6 bulan dan untuk sapi umur minimal yang bisa dikurbankan adalah 2 tahun. Jika hewan yang dikurban masih dibawah batas minimal, maka hewan tersebut tidak bisa dikategorikan sebagai hewan kurban.

2. Tidak Cacat

Untuk menyembelih hewan kurban pastikan hewan yang kamu beli itu tidak ada cacat sedikitpun. Untuk itu saat membeli hewan kurban harus memastikan dengan benar, mengeceknya baik-baik. Pastikan tidak ada cacat fisik yang tampak jelas ataupun samar-samar.

3. Milik Sendiri

Saat kamu ingin berkurban pastikan kamu membeli dengan harta atau uang milikmu pribadi. Dalam hal ini juga saat kamu memiliki hewan ternak sendiri, pastikan hewan tersebut sudah menjadi milikmu.

4.Termasuk Hewan Ternak

Yang dimaksud hewan ternak di sini adalah kambing, domba, sapi, kerbau dan juga unta.

Alangkah mulianya jika daging Qurban yang penuh keberkahan tersebut disalurkan kepada anak-anak yatim dan masyarakat dhuafa golongan yang sangat Rasulullah cintai. Melalui Qurban Peduli Sesama, Graha Yatim & Dhu'afa mengajak Anda untuk menyalurkan hewan Qurban kepada mereka yang membutuhkan.
Mari bersama kita ukir senyum kebahagiaan di wajah mereka dan raihlah keberkahan Qurban yang berlipat ganda! 

 

 

Comments are closed.