Sering Banget Overthinking?

Kenapa ya kita bisa overthinking?

Menurut hellosehat.com, overthinking atau mikirin segala sesuatu, biasanya sepele, secara berlebihan tidak diketahui pasti penyebabnya.  Umumnya terjadi ketika kita terlalu fokus sama masalah. Dibandingkan solusi dan direnungkan terus menerus. Akhirnya jadi muncul perasaan cemas, sulit mengambil keputusan hingga menyalahkan diri sendiri.

Beberapa hal yang biasanya jadi pemicu overthinking:
- Mikirin Jodoh, yang tak kunjung datang padahal usia sudah matang.
- Mikirin Karier yang stagnan, nggak kaya orang-orang.
- Banding-bandingin diri sendiri dengan pencapaian orang lain yang terus mendaki.

Serta beragam hal lainnya yang belum terjadi dan seringkali enggak penting.

Overthinking juga semakin sering kita alami, karena derasnya arus informasi yang kita dapat lewat media sosial. Sebenarnya, kalau kita meresapi ayat yang satu ini. Overthinking bisa pergi dan hidup jadi jauh lebih tenang lagi.

"Dan tidak ada suatu binatang melata, pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata." (Qs. Hud: 6)

Saat lagi overthinking coba baca dan resapin ayat tadi secara perlahan. InsyaAllah langsung tumpah air mata kita dan ketenangan langsung datang. Dari pesan Allah melalui ayat tadi, kita jadi paham kalau:
1. Binatang melata aja diperhatiin sama Allah, apalagi kita manusia yang diutus sebagai Khalifah di muka bumi.
2. Semua rezeki udah Allah jamin, jadi tenang aja. Tugas kita cukup terus berikhtiar.
3. Segala sesuatunya udah diatur dari jauh-jauh hari. Sekali lagi, tenang aja. Tugas kita cukup terus berikhtiar.

Kepikiran boleh, cemas boleh, berlebihan jangan. Jadi, apa yang kamu rasain. Setelah meresapi Surat Hud ayat 6 tadi. Jadi, enggak perlu terlalu overthinking ya.

 

 

Comments are closed.