Selain Zakat Fitrah, Haruskah Zakat Harta Dibayar?

Ada sebuah pertanyaan masuk seperti ini, “Saya setiap akhir Ramadhan sudah membayar zakat fitrah, apakah masih harus membayar zakat harta?

Mari kita bahas yuk…

Zakat Fitrah itu berbeda dengan zakat harta ya. Zakat Fitrah ini jumlahnya sama untuk semua orang, berupa makanan pokok sehari-hari. Apabila ia mempunyai kelebihan untuk bekal hidupnya di hari raya Idul Fitri tgl 1 Syawal. Dan mutu makanan yang dizakatkan tergantung kepada kebiasaan setiap orang. Sedangkan, zakat harta jumlahnya tergantung volume harta yang dimilikinya.

            Zakat Fitrah ini hukumnya wajib bagi setiap Muslim yang masih hidup saat matahari tenggelam di hari terakhir Ramadhan. Wajib bagi hamba sahaya dan orang merdeka, lelaki dan perempuan, anak kecil dan dewasa yang memenuhi kriteria mampu. Waktu membayarnya di hari akhir Ramadhan sampai sebelum shalat Idul Fitri, berupa makanan pokok seperti yang biasa dimakan.

            Sedangkan Zakat Harta diwajibkan kepada setiap Muslim untuk membayarnya, apabila harta tersebut memenuhi syarat yang ditentukan. Zakat ini dibayar setahun sekali pada akhir periode 1 tahun Hijriyah. Namun, khusus zakat pertanian, dibayarkan saat panen.

 

            Yuk, selagi kita masih diberikan kesempatan oleh Allah dan diberikan kemampuan untuk berbuat kebaikan. Mari bantu bahagiakan ribuan yatim & dhuafa melalui www.ayodonasi.id

Comments are closed.