Ramadhan Bulan Al Qur'an

Ramadhan adalah bulan yang sangat istimewa bagi umat islam, karena pada bulan ini Al-Qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai panduan hidup bagi umat manusia. Keberkahan Al-Quran nampak jelas dengan adanya riwayat-riwayat yang menjelaskan akan keutamaan dan keistimewaannya. Ia merupakan pedoman hidup seorang muslim, obat dari segala penyakit, dan juga banyak keistimewaan lainnya. Dalam QS.Al-Baqarah ayat 185, Allah SWT berfirman:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ

“Bulan Ramadhan, bulan yang didalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang haq dan yang bathil).”

Pada ayat di atas Allah menjelaskan tentang hikmah pengkhususan beribadah dan berpuasa dalam bulan Ramadhan, karena pada bulan ini Allah menurunkan hidayah terbesar yaitu berupa Al-Qur’an, sebagai ilmu dan pengetahuan, serta petunjuk dalam kehidupan.

Allah memuliakan kaum muslim dengan derajat kemuliaan yang luar biasa, ketika Alquran diturunkan dan Allah menjadikannya sebagai petunjuk sekaligus cahaya penerang.

 

Barakallahu Fiikum. Semoga kita senantiasa istiqomah untuk bisa membaca dan mengamalkan Al-Qur’an, sehingga kita dapat meraih rahmat dan ridho-Nya, aamiin..

Comments are closed.