Pusaka Kebajikan

Sahabat, sudah tahu belum bahwa di dalam diri kita memiliki pusaka kebajikan. Pusaka itu bisa kita lihat pada diri kita maupun orang lain yang mampu menjaga rahasia. Menjaga rahasia ini, sudah tentu bukanlah hal yang mudah. Apalagi di jaman sekarang yang sudah pasti, setiap orang memiliki sosial media, serta mampu mengunggah hal apa pun yang sedang terjadi di dalam dirinya secara realtime. Mungkin saja, hampir tidak ada yang dapat dirahasiakan.

Namun, bagi seseorang yang mampu menjaga rahasia, sejatinya ia telah memiliki pusaka kebajikan di dalam dirinya. Sesuatu yang sangat berharga dan sangat sulit dipraktikkan oleh sebagian manusia.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Tiga hal yang merupakan pusaka kebajikan, merahasiakan keluha, merahasiakan musibah dan merahasiakan sedekah.” (HR. Thabrani)

1. Merahasiakan keluhan

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa sifat dasar manusia memang suka berkeluh kesah. Sebagaimana dijelaskan di dalam Al-qur’an, “Sungguh, manusia diciptakan bersifat suka mengeluh.” (Qs. Al-Ma’arij : 19)

Meskipun demikian, jangan sampai kita selalu mengeluh akan tiap ujian yang ada. Tapi, cobalah senantiasa berpikir positif atas setiap permasalahan yang ada. Dan jangan pernah mengeluh di hadapan manusia. Tapi, adukanlah segala keluh kesah tersebut kepada Allah.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menyampaikan kepada sahabatnya, “Wahai para sahabatku, tatkala kamu dalam hidup menemui kegalauan, kegagalan, janganlah sekali-kali mengadu kepada orang lain, tetapi mengadulah kepada Allah SWT.” (HR. Bukhari)

 

Yakinlah sahabat, bahwa Allah akan memberikan kemudahan dan memberikan jalan keluar terbaik atas segala yang menimpamu.

“Dan jika Allah menimpakan suatu bencana kepadamu, maka tidak ada yang dapat menghilangkannya kecuali Dia. Dan jika Allah menghendaki kebaikan bagi kamu, maka tidak ada yang dapat menolak karunia-Nya. Dia memberikan kebaikan kepada siapa saja yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya.” (Qs. Yunus: 107)

2. Merahasiakan musibah

Sahabat mungkin dalam kehidupan kita seringkali menghadapi musibah. Namun, sikap kita hendaknya senantiasa bersabar. Yakinlah bahwa, saat Allah mengujimu dengan ujian. Berarti Allah tengah mengampuni dosamu dan Allah pun akan memberikan kemudahan dalam setiap urusan yang ada.

3. Merahasiakan sedekah

Sedekah sebenarnya boleh dilakukan secara terang-terangan, akan tetapi jika kita mampu merahasiakan sedekah yang kita lakukan di hadapan manusia, Allah akan menghapus dosa-dosa yang kita lakukan.

“Jika kamu menampakkan sedekah-sedekahmu, maka itu baik. Dan jika kamu menyembunyikannya dan memberikannya kepada orang-orang fakir, maka itu lebih baik bagimu dan Allah akan menghapus sebagian kesalahan-kesalahanmu. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (Qs. Al-Baqarah: 271)

Yuk kita sama-sama belajar meraih pusaka kebajikan ini. Dengan merahasiakan segala keluhan, merahasiakan musibah yang menimpa kita dan merahasiakan sedekah yang kita berikan untuk orang lain.

Barakallahufiikum, semoga bermanfaat

Comments are closed.