Penyebab Uang Cepat Habis

Pernahkah kita, ketika sudah mengumpulkan banyak uang. Namun secara tidak sadar seringkali uang tersebut seringkali habis. Walaupun kita sudah menghitung secara detail.

1. Penyebab uang cepat habis akibat boros

Bijaklah dalam menggunakan uang kita. Seperti yang diterangkan dalam firman Allah:

Artinya: “Dan orang-orang yang apabila membelanjakan (harta), mereka tidak berlebihan dan tidak (pula) kikir, dan adalah pembelanjaan itu) di tengah-tengah antara yang demikian.” (QS. Al Furqon ayat 67)

2. Pelit
Dalam sebuah hadist dijelaskan:

Artinya: “Bersedekahlah kalian, karena sesungguhnya sedekah dapat menambah harta yang banyak. Maka bersedekahlah kalian, niscaya Allah menyayangi kalian. (Al Wasail 6:255, hadist ke 11)

3. Tidak bersedekah
Bersedekah mempunyai banyak manfaat yang tidak diduga, seperti mensucikan harta, menambah rezeki dan sebagainya. Namun bayangkan apabila kita melakukan sebaliknya, bisa jadi itu adalah penyebab uang yang kita punya cepatlah terkuras. Karena kita dalam bersedekah.

4. Tidak melakukan ibadah
Apabila kita ingin rezeki mengalir tiada henti. Selain bekerja dengan giat, rajin ibadah banyak berdoa merupakan jalan menuju rezeki yang berkah. Namun jika kita malas, maka jangan heran uang yang kita kumpulkan cepat habis dan kita merasa apa yang sudah kita kumpulkan terasa kurang.

Semoga kita dapat dengan bijak menggunakan uang dan rezeki yang telah Allah berikan. Aamiin...
 

Comments are closed.