Lebih Baik Berkurban Dengan Hewan Jantan Atau Betina?

Pada saat kita membeli hewan qurban, tentu harus memilih dan memastikan bahwa hewan yang akan kita jadikan hewan qurban tersebut harus memenuhi syarat-syarat sebagai hewan qurban. Akan tetapi beberapa orang terkadang bingung untuk memilih jenis kelamin hewan yang akan dijadikan qurban, baik jantan atau betina.

Lalu jenis kelamin hewan yang mana yang lebih baik untuk dijadikan sebagai hewan qurban?

Sesungguhnya tidak dijelaskan dalam sebuah nash, baik Al-Qur’an maupun Hadits terkait pilihan atau keutamaan jenis kelamin tertentu untuk hewan qurban. NAmun para ulama mengqiyaskan permasalahan ini, dalam Al-Majmu Syarh Al-Muhadzzab, Imam An-Nawawi pernah menjelaskan. 

Menurut beliau, jenis kelamin hewan qurban ini dianalogikan dengan hadist yang menjelaskan jenis kelamin hewan untuk aqiqah.

“Dan diperbolehkan dalam berkurban dengan hewan jantan maupun betina. Sebagaimana mengacu pada sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ummu Kuraz dari Rasulullah SAW, bahwa beliau pernah bersabda “(Aqiqah) untuk anak laki-laki adalah dua kambing dan untuk perempuan satu kambing). Baik berjenis kelamin jantan atau betina, tidak masalah.”

Berdasarkan penjelasan diatas, maka tidak ada keutamaan dalam memilih jenis kelamin untuk hewan qurban, baik jantan maupun betina. Semoga bermanfaat..

Comments are closed.