Keutamaan Mengamalkan Sedekah

Taukah sahabat, bahwa Allah SWT sangat menyukai orang-orang yang senantiasa bersedekah. Bahkan para malaikat pun selalu mendo'akan orang-orang yang bersedekah setiap harinya. 
"Perumpamaan orang-orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah adalah seperti (orang-orang yang menabur) sebutir biji (benih) yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan (pahala) bagi siapa yang Dia kehendaki. Allah Maha Luas lagi Maha Mengetahui." (QS. Al-Baqarah: 261)

1. Mendekatkan Diri Kepada Allah
Sedekah akan memberikan banyak keistimewaan kepada yang mengamalkannya, salah satu diantaranya adalah Allah SWT akan memberikan pahala yang banyak untuk orang yang bersedekah.  Selain itu dengan bersedekah sebagai cara untuk mendekatkan diri pada-Nya.

“Hai orang-orang yang beriman, belanjakanlah (di jalan Allah) sebagian dari rezeki yang Kami berikan kepadamu sebelum datang hari yang pada hari itu tidak ada lagi jual beli dan tidak ada lagi persahabatan dan tidak ada syafaat.” (Q.S. Al-Baqarah: 254)

2. Menghapus Dosa
Bersedekah merupakan salah satu keistimewaan bagi seorang muslim. Sebagai mahluk yang tentunya tak luput dari dosa dengan mengamalkan sedekah akan mendapat kesempatan untuk bertaubat dan menghapus dosa-dosa dengan cara yang yang diridhai oleh-Nya.

“...Dan sesungguhnya sedekah itu akan menghapus dosa-dosa.”  (Q.S. At-Taubah: 103)

3. Sedekah Membawa Keberkahan
Sedekah akan membawa kebaikan dan keberkahan.
“Dan apa yang kamu berikan dengan sedekah, niscaya Allah mengetahuinya.” (Q.S. Al-Baqarah: 273)

4. Melindungi dari Azab Api Neraka
Rasulullah SAW bersabda bahwa “Sesungguhnya, sedekah memadamkan murka Allah dan mencegah kematian yang buruk.” (HR Tirmidzi, Ibnu Hibban, dan Tirmizi).

Ketika seseorang yang sudah wafat diperlihatkan dahsyatnya api neraka yang siap menerkamnya, ia melihat amalan sedekah bisa menyelamatkannya dari api neraka. Inilah yang dipesankan Rasulullah SAW kepada istrinya Aisyah RA. “Wahai Aisyah, berlindunglah dari siksa api neraka walau dengan sebutir kurma.” (HR Ahmad, al-Bazzar, dan Ibnu Khuzaimah).

5. Mendatangkan Rezeki yang Lebih Banyak
Bersedekah tidak akan membuat seseorang menjadi miskin karena berbagi, justru dapat mendatangkan rezeki lain yang tidak disangka dari mana datangnya. 

“Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya Allah akan mencarikan jalan keluar baginya. Dan Allah akan memberikan rezeki kepadanya dari arah yang tidak disangka-sangka.” (Q.S. At-Talaq: 2-3)

Semoga Bermanfaat.

Comments are closed.