Keutamaan Membaca Al-Qur'an untuk Dunia & Akhirat

Sebagai umat Islam, kita memiliki pedoman hidup (way of life) yaitu kitab suci Al-Qur'an. Tahu sahabat, bahwa Al-Qur'an merupakan kalam Allah SWT,sebuah mukjizat yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW, ditulis dalam Mushaf dan diriwayatkan secara Mutawatir serta membacanya adalah termasuk ibadah.

Dengan Al-Qur'an inilah hidup kita menjadi lebih terarah dan berada di jalan yang benar. Selain itu, di samping mengarahkan kita ke jalan yang benar, Al-Qur'an juga memiliki banyak keutamaan bagi orang yang membacanya.

Sudah pasti seorang muslim berharap hidupnya penuh keberkahan dan pertolongan Allah, baik itu di dunia maupun akhirat. Nah, jika kita konsisten membaca Al-Qur'an, apa yang kita inginkan itu mustahil tidak Allah wujudkan , sebab ini merupakan janji Allah. Lantas, apa saja keutamaan membaca Al-qur'an?
1. Sebaik-baik manusia adalah yang mempelajari dan mengajarkan isi kandungan Al-Qur'an.
Keutamaan yang pertama ini bersandar pada sabda Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam, "Sebaik-baik kalian adalah siapa yang mempelajari Al-Qur'an dan mengamalkannya." (HR. Bukhari).

2. Memperoleh pahala dari tiap-tiap hurufnya.
Seperti halnya sabda Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam, "Siapa saja yang membaca satu huruf dari kitab Allah atau Al-Qur'an, maka baginya satu kebaikan dan satu kebaikan itu dibalas dengan 10 kali lipatnya." (HR. At-tirmidzi).

3. Ganjaran bagi yang membaca, menghapal, dan pandai membacanya.
Sabda Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam, "Perumpamaan orang yang membaca Al-Qur'an, sedang ia hafal, dengannya bersama para malaikat yang suci dan mulia, sementara perumpamaan orang yang membaca Al-Qur'an, sedang ia senantiasa melakukannya meskipun hal itu sulit baginya, maka baginya dua pahala." (Muttafaq 'alaihi). 

4. Menentramkan hati
"Yaitu orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram)." (Qs. Ar-Rad: 28)

5. Al-Qur'an memberi syafa'at kepada ahlinya di akhirat.
Sabda Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam, "Bacalah Al-Qur'an karena ia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafaat kepada para ahlinya." (HR. Muslim).
Dan pada Sabda beliau Shallallahu 'Alaihi Wasallam, "Puasa dan Al-Qur'an, keduanya akan memberikan syafa'at kepada seorang hamba pada hari kiamat." (HR. hadits Ahmad dan Al-Hakim).

Semoga kita semua diberikan kemudahan untuk dapat istiqomah membaca Al-Qur'an serta mendalami dan juga mengamalkannya. Aamiin..

Comments are closed.