Keutamaan Dzikir dalam Al-qur’an

Dzikir di dalam Al-qur’an memiliki banyak sekali keutamaan. Bahkan umat Islam sendiri dianjurkan untuk berdzikir, sebab saat berdzikir akan menghadirkan ketenangan di dalam jiwa dan bisa menghapus dosa serta memperlancar rezeki.

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah.” (Qs. Ar-Ra’d ayat 28)

Dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa, saat kita mengingat Allah. Maka, hati kita akan merasa tentram dengan mengingat-Nya dan kita menyakini bahwa Allah sebaik-abaik penolong dan pelindung.

Keutamaan Dzikir

Dzikir di dalam Al-qur’an memiliki banyak keutamaan, diantaranya adalah mendapatkan balasan pahala yang berlipat ganda, menghapus dosa, serta mendapatkan syafa’at dari Allah.

Manfaat dzikir yang terkandung di dalam Al-qur’an:

  • Allah Ta’ala Akan Mengingat Kita

Manfaat lainnya adalah Allah Ta’ala senantiasa mengingat kita seperti dijelaskan pada ayat Al-Quran berikut :

“Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.” (Qs. Al-Baqarah ayat 152).

Allah Ta’ala berjanji, jika kita ingat kepada-Nya. Maka Allah akan ingat kepada kita. Saat kita dalam ketakutan, kesedihan, kesulitan, terkena musibah dengan berdzikir. Maka Allah Ta’ala pasti memberikan ketenangan, mengangkat kesedihan, membebaskan kesulitan dan memberikan pertolongan saat terkena musibah.

  • Mengusir dan Mencegah Tipu Daya Setan

Dzikir memiliki manfaat sebagai pencegah tipu daya setan, muraqabah atau ingat kepada Allah Ta’ala dijelaskan dalam Al-qur’an dalam ayat sebagai berikut :

“Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa bila mereka ditimpa was-was dari syaitan, mereka ingat kepada Allah, maka ketika itu juga mereka melihat kesalahan-kesalahannya.” (Qs. Al-A’raf ayat 201).

  • Ketenangan Jiwa

Allah Ta’ala memberikan jaminan/garansi bahwa hanya dengan mengingat Allah Ta’ala hati menjadi tentram dan tenang.

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah.” (Qs. Ar-Ra’d ayat 28)

  • Mendapatkan Ampunan Allah Ta’ala

Dengan mengingat Allah atau menyebut nama Allah, Allah akan memberikan ampunan dan pahala, seperti disebutkan dalam ayat Al-qur’an berikut :

“Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyu’, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.” (Qs. Al-Ahzab ayat 35)

Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk merutinkan dzikir dan bagikan artikel ini, jika artikel ini bermanfaat agar semakin banyak orang yang memahami mengenai keutamaan dzikir kepada Allah.

Comments are closed.