Kenapa 10 Muharram disebut sebagai Hari Raya Anak Yatim?

Bagi masyarakat Muslim, Muharram adalah salah satu bulan yang mempunyai keutamaan amalan di dalamnya, karena bulan ini merupakan bulan pembuka tahun baru.

Bahkan pada tgl 10 Muharram biasa disebut dengan Idul Yatama atau Lebaran Anak Yatim. Istilah ini, berarti ungkapan kegembiraan bagi anak-anak yatim. Sebab, pada saat itu banyak orang yang memberikan perhatian dan santunan kepada mereka.

Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam sangat menyayangi anak-anak yatim. Dan beliau lebih menyayangi lagi, pada hari Asyura (tgl 10 Muharram). Di mana pada tanggal tersebut, beliau menjamu dan bersedekah bukan hanya kepada anak yatim, tapi juga keluarganya.

Nah, bagi kita yang masih diberikan kesempatan oleh Allah dan diberikan kecukupan rezeki, untuk bisa berbagi kepada anak-anak yatim. Mari, lakukan sekarang sayangi dan berikan perhatian kepada mereka.

Dalil Menyantuni Anak Yatim

            Anak-anak yatim memiliki kemuliaan tersendiri di hadapan Allah dan Rasulnya. Bahkan menyayangi, melindungi dan menyantuni anak yatim merupakan anjuran dari Allah dan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam.

Salah satu dalil yang menguatkan, untuk menyantuni anak yatim adalah sebagai berikut. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Aku dan orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) disurga seperti ini. Kemudian beliau mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah dan merenggangkan keduanya.” (HR. Bukhari)

Selain itu, dalam Al-qur’an Surat Al-Baqarah ayat 220 juga dijelaskan, “Mereka bertanya kepadamu tentang anak yatim, katakanlah memperbaiki keadaan mereka adalah baik.”

Muharram Bulan Mulia, Dengan Bahagiakan Yatim

Di bulan Muharram ini adalah awal baik bagi kita untuk memperbaiki diri, dengan memperbaiki diri dengan memperbanyak amalan kebaikan. Salah satunya dengan menyantuni anak yatim di bulan Muharram.

Mungkin, ada yang beranggapan kenapa hanya di bulan Muharram saja? Sebenarnya, menyantuni, menyayangi anak yatim tidak harus dilakukan pada bulan Muharram saja. Namun, dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun.

Tapi, di bulan mulia inilah menjadi momentum untuk menabung pahala sebanyak-banyaknya dengan membantu anak yatim. Serta membantu memberikan pendidikan terbaik.

Yuk ikut berpartisipasi dan bahagiakan adik-adik yatim dhuafa melalui Ayodonasi.id

Comments are closed.