Fakta mengenai Al-qur’an

Tak terasa setengah Ramadhan sudah kita jalani. Semoga kita semua sudah banyak terbentuk kebiasaan baik. Agar ilmu kita semakin bertambah dan pemahaman semakin menguat. Mari kita simak beberapa fakta tentang Al-qur’an. Apalagi seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya bahwa, bulan Ramadhan ini adalah bulan diturunkannya ayat Al-qur’an untuk pertama kalinya.

Allah Subhanahu Wata’ala berfirman: “Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang didalamnya diturunkan Al-qur’an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan petunjuk dan pembeda (antara yang benar dan batil).” (Qs. Al-Baqarah: 185)

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan kemuliaan dan penuh rahmat. Maka, sudah menjadi kebiasaan kita untuk meningkatkan kualitas ibadah di bulan ini dan semoga kita bisa terus mempertahankan kebiasaan baik.

Yuk langsung saja kita simak fakta mengenai Al-qur’an:

  1. Al-qur’an terdiri dari 30 juz, 114 surat.
  2. Sebagian ulama berpendapat jumlah ayat Al-qur’an sebanyak 6.236, sebagian ulama lagi hanya menyebut tak kurang dari 6.000 ayat.
  3. Al-qur’an pertama kali di turunkan saat nuzulul qur’an, saat Nabi Muhammad berusia 40 tahun
  4. Ayat pertama yang turun adalah Surah Al-‘alaq ayat 1-5. Ayat ini memerintahkan manusia untuk membaca, belajar dan mencari pengetahuan. Sebagaimana isinya, yang artinya: “Bacalah dengan nama Rabbmu yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah dan Rabbmulah Yang  Maha Mulia. Yang mengajar (manusia) dengan pena. Dia mengajarkan manusia apa yang tidak diketahuinya.” (Qs. Al-a’alaq: 1-5)
  5. Proses turunya Al-qur’an berlangsung selama 22 tahun, 22 hari secara berangsur-angsur.
  6. Mushaf pertama Al-qur’an adalah di era Khalifah Utsman bin Affan, Al-qur’an lalu didistribusikan dan digandakan.

 

MasyaAllah begitu luar biasanya Al-qur’an ya. Apalagi saat kita membacanya, hati kita seakan lebih tenang. Maka, Yuk terus perbanyak membaca Al-qur’an dan mentadaburinya.

Mari berpartisipasi dalam program kebaikan, melalui Gerakan Wakaf Qur'an

Comments are closed.