Cara Meraih Keberkahan

Barokah atau berkah selalu diinginkan oleh setiap orang. Namun sebagian kalangan salah kaprah dalam memahami makna berkah sehingga hal-hal keliru pun dilakukan untuk meraihnya. Mencari dan meraih rezeki itu bukan tujuan, melainkan sarana untuk mewujudkan penghambaan diri (ibadah) kepada Allah SWT, sehingga menjadi hamba yang pandai bersyukur, beramal saleh, dan mendekatkan diri kepada-Nya. Meraih keberkahan rezeki idealnya menjadi cara dan ikhtiar yang diniati dengan ikhlas karena Allah semata. Yang dicari bukan banyaknya (kuantitas) rezeki, tetapi keberkahannya (kualitas, nilai positif, dan dapat memberi manfaat).

Lalu, bagaimana caranya agar kita dapat meraih keberkahan sesuai dengan panduannya,

1. Banyak Berdo’a 

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. Al-Baqarah : 186)

2. Muhasabah Diri

Hai, orang-orang beriman! Bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap orang memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat) dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh, Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Hasyr : 18)

3. Memperbaiki diri dengan bersungguh-sungguh

Orang-orang yang berjihad untuk mencari keridhoan Kami, akan Kami tunjukkan jalan-jalan Kami kepada mereka. Sungguh, Allah beserta orang-orang yang berbuat baik.” (QS. Al-Ankabut : 69)

4. Sabar

Wahai, orang-orang beriman! Bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu. Tetaplah waspada dan bertakwalah kepada Allah agar kamu beruntung.” (QS. Ali Imran : 200)

5. Syukur

Sungguh, Kami telah memberikan hikmah kepada Lukman, yaitu, “Bersyukurlah kepada Allah! Barang siapa bersyukur kepada Allah, maka sesungguhnya ia bersyukur untuk dirinya sendiri dan barang siapa yang tidak bersyukur, maka sesungguhnya Allah Mahakaya, Maha Terpuji”” (QS. Luqman : 12)

Semoga bermanfaat.

Comments are closed.