Bayar Zakat Akan Membuat Kita Bahagia

Ketika kita membayar zakat, ternyata akan mampu membuat kita bahagia. Bahkan menunaikan zakat merupakan ibadah yang harus ditunaikan oleh umat Islam. Lalu, bagaimana dari berzakat bisa membuat hati kita bahagia?

Melaksanakan Zakat Sebagai Tanda Syukur Kita

Zakat merupakan wujud dan bukti rasa syukur atas limpahan nikmat dan karunia rezeki yang telah di berikan oleh Allah. Dan, orang yang bersyukur akan senantiasa melaksanakan perintah Allah dan bersegera untuk menunaikan zakatnya. Saat, ia sudah menunaikan kewajiban untuk membayar zakat. Maka, hatinya akan merasa sangat bahagia. Bahkan akan bertambah rasa syukur kepada Allah.

Diberikan Balasan yang Sesuai

Sesungguhnya Allah telah menjanjikan balasan yang berlipat ganda bagi orang yang dermawan. Mereka yang senantiasa menginfakkan harta di jalan Allah. Maka, akan mendapatkan balasan yang berlimpah, berupa ketenangan, kebahagiaan, kedamaian, serta derajat yang tinggi di sisi Allah. Sebagaimana dalam firman Allah yang berbunyi: “Sesungguhnya usaha kamu memang berbeda-beda. Maka, barang siapa memberikan (hartanya di jalan Allah) dan bertakwa, dan membenarkan adanya pahala yang terbaik (surga), maka akan Kami mudahkan baginya jalan menuju kemudahan (kebahagiaan). ” (QS Al-Lail: 4-7)

Semoga kita semua termasuk orang yang mampu menginfakkan sebagian harta yang kita miliki kepada orang lain. Mengapa? Dari setiap rezeki yang kita dapatkan ada hak orang lain yang harus ditunaikan.

Mendapatkan Kebahagiaan

Kebahagiaan bagi orang yang beriman bersumber dari kebaikan dan ketaatan yang di lakukannya karena Allah. Untuk itu, bagi siapa saja yang mampu dengan ringan untuk membayar zakat sesuai dengan kemampuan dan rezeki yang didapatkannya. Maka, ia akan merasa bahagia. Sebagaimana dalam firman Allah yang berbunyi:

“Ambillah zakat dari harta mereka guna membersihkan dan menyucikan mereka dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doamu itu (menumbuhkan) ketenteraman jiwa bagi mereka. Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui.” (Qs. At-Taubah: 103)

Mengeluarkan zakat, memiliki tujuan yang dapat mensucikan harta yang kita miliki. Apalagi, jika dari harta yang kita keluarkan diberikan untuk mereka yang membutuhkan. Maka, akan sangat terasa manfaatnya dan akan membuat mereka merasa bahagia.

Yuk, tunaikan zakatnya sekarang di Graha Yatim & Dhuafa.

Comments are closed.