5 Amalan Senilai Pahala Haji dan Umrah

Sahabat meski kita belum mampu untuk menunaikan ibadah haji ke baitullah. Namun, ada beberapa amalan yang dapat kita lakukan yang insyaAllah pahalanya seperti Pahala Haji dan Umrah.

Nah, berikut beberapa amalan yang bisa kita lakukan:

1. Tasbih, Tahmid, dan Takbir Setelah Setiap Sholat Wajib.

Dalam sebuah hadits riwayat HR. Bukhari no. 843, Rasulullah ﷺ berusaha menghibur hati para sahabat yang tidak sanggup untuk menunaikan ibadah haji, lalu beliau pun menunjukkan sebuah amalan yang sebanding dengan amalan haji, umrah dan berjihad.

Amalan tersebut, tasbih, tahmid, dan takbir setelah setiap sholat wajib. Nah, sahabat bagi sebagian dari kita menganggap amalan ini ringan dan mudah untuk dikerjakan. Tapi, pada kenyataanya seringkali kita terburu-buru untuk segera menyelesaikan sholat dan berdzikir kepada Allah. Padahal saat kita menyempat waktu untuk berdzikir setelah sholat. Maka, kita akan mendapatkan pahala terbaik dari Allah.

2. Pergi ke masjid dengan tujuan menuntut ilmu atau mengajarkan ilmu.

Rasulullah ﷺ bersabda: “Siapa yang pergi ke masjid dengan tujuan mempelajari ilmu atau mengajarkannya, dia akan mendapatkan pahala haji yang sempurna.” (HR. Thabrani no. 7473, lihat shahih targhi wa tarhib no. 86).

Sahabat, saat kita bersungguh-sungguh menuntut ilmu dan mengajarkannya. InsyaAllah, kita akan mendapatkan amalan kebaikannya. Bahkan, saat ilmu yang kita miliki dibagikan lagi kepada orang lain. Maka, manfaat ilmu yang kita miliki dapat lebih bermanfaat dan berguna lagi pagi yang lain.

3. Pergi ke masjid untuk melaksanakan sholat wajib dalam keadaan bersuci.

“Siapa keluar dari rumahnya dalam keadaan bersuci untuk melaksanakan sholat wajib, dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang berhaji.” (HR. Abu Dawud no. 558, lihat shahih targhib dan tarhib no. 320).

4. Pergi ke masjid untuk mengerjakan sholat dhuha.

Rasulullah ﷺ bersabda: “Siapa yang keluar dari rumahnya hanya dalam rangka mengerjakan sholat dhuha, maka pahalanya seperti pahala orang yang umrah.” (HR. Abu Dawud no. 558, lihat shahih targhib dan tarhib no. 320).

5. Sholat shubuh berjamaah kemudian duduk berdzikir sampai terbit matahari, lalu mengerjakan sholat dhuha (isyraq).

Rasulullah ﷺ bersabda: “Siapa yang sholat shubuh berjamaah, kemudian duduk berdzikir kepada Allah sampai terbit matahari, kemudian mengerjakan sholat dua rakaat, dia akan mendapatkan pahala haji dan umrah”. Rasulullah ﷺ bersabda: “sempurna, sempurna, sempurna”. (HR. Tirmidzy no. 586, lihat shahih aljami’ no. 6346).

Sahabat, membiasakan hal-hal baik, akan menghantarkan kita pada kebaikan. Untuk itu, mungkin kita seringkali merasa apa yang dilakukan itu terasa ringan. Lalu, meninggalkannya dan menganggapnya mudah, tapi menerapkan hal-hal kecil yang ringan tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Namun, semoga sahabat di sini mampu menerapkan kebaikan, dan memulai melakukan kebaikan dari hal-hal kecil. InsyaAllah memiliki pahala yang luar biasa besar. Aamiin

Jangan lupa share dan bagikan informasi ini ya. Jika menurutmu ini bermanfaat.

----

Yuk bantu juga adik-adik yatim dhuafa tuk bisa wujudkan mimpi mereka melalui Ayodonasi.id

Comments are closed.