Tiga Hal yang dapat Membawa Penyakit

Segala aktivitas yang kita lakukan akan sangat berpengaruh dalam kehidupan kita, tidak hanya itu kondisi tubuh kita juga akan sangat berpengaruh. Apa saja hal yang dapat membawa penyakit pada tubuh kita:

1. Banyak bicara

Terkadang lidah salah berucap dan menyinggung perasaan orang lain. Dalam hadist Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda, “Barang siapa beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah ia berkata yang baik atau diam.” (HR. Bukhari)

Maka, kita pun harus menjaga ucapan kita, tersebab lidah itu tajam bagaikan pedang. Maka, sebelum berbicara kita pun harus mampu memilah ucapan mana yang harus kita ucapkan.

2. Banyak Tidur

Islam menganjurkan untuk tidak tidur secara berlebihan. Selain dalam kondisi sakit, kita memang tidak dianjurkan untuk tidur sepanjang waktu. Kebutuhan tidur untuk orang dewasa adalah sekitar 7-9 jam per hari, jika lebih dari itu maka justru akan mengalami masalah kesehatan. Bakan jika kita terlalu banyak tidur, akan membuat tubuh merasa kelelahan sepanjang hari dan banyak masalah kesehatan lainnya yang akan kita alami. Maka, kita pun harus menjaga pola tidur. Tidur secukupnya saja, agar saat bangun tubuh pun segar dan bisa beraktivitas kembali.

3. Banyak Makan

Makanan adalah sumber energi untuk melakukan aktivitas. Namun, kita pun tidak boleh terlalu banyak makan. Karena, jika kita terlalu banyak makan dapat menghambat aktivitas. Makanlah secukupnya saja dan jangan berlebihan. Di dalam Al-qur’an juga dijelaskan,

“Makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan.” (Qs. Al-a’raf: 31)

Dari penjelasan di atas, maka hendaknya lambung manusia dibagi menjadi tiga: 1/3 makanan, 1/3 minuman dan 1/3 lainnya adalah udara. Dengan demikian tubuh akan tetap sehat dan akan menunjang aktivitas sehari-hari.

Jadi, sekarang sudah tahu kan sahabat? Apapun yang dilakukan secara berlebihan itu tidak baik. Maka, lakukan sesuatu sesuai dengan takarannya. Tidak kurang ataupun lebih, merasa cukup itu jauh lebih baik.

 

 

Comments are closed.