Sejarah Bulan Safar dan Peristiwa Penting Agama Islam

Bulan safar adalah bulan kedua dalam penanggalan agama Islam atau yang biasa dengan kalender hijriyah. Bulan ini memiliki sejarah tersendiri bagi masyarakat arab. Safar sendiri memiliki arti yaitu kosong. Hal ini karena pada zaman dahulu, masyarakat arab sering meninggalkan rumahnya untuk menyerang musuh, sehingga rumah mereka kosong dan sepi. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai bulan safar, mari kita simak penjelasannya di bawah.

 

Sejarah dan Peristiwa di Bulan Safar

 

Dalam bulan Safar terdapat peristiwa penting yang dialami oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam pada bulan ini. Ada enam peristiwa penting yang perlu diketahui oleh kita sebagai umat Islam.

1. Pernikahan Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam dengan Ibunda Khadijah bin Khuwailid

 Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wassallam melangsungkan pernikahan dengan seorang janda yang cantik dan kaya raya Sayyidah Khadijah binti Khuwailid. Momen ini menjadi momen yang paling bersejarah dalam kehidupan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassallam yang kelak akan membersamai perjuangan dakwah beliau.

2. Banyak peperangan yang terjadi dalam bulan Safar

Perang Al-Abwa’ yang terjadi pada tahun kedua hijriyah, perang ZiAmin yang terjadi pada tahun ketiga hijriyah, perang Al-Raji (bi’ru maunah) yang terjadi pada tahun ke empat hijriyah dan terjadinya perang khaibar.

3. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassallam Menikahkan Putrinya

Ternyata di bulan Safar, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassallam juga menikahkan putrinya Fatimah Az-Zahra di bulan ini.

4.Hijrahnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassallam hijrah dari Mekkah ke Madinah

Semoga dapat bermanfaat.

Comments are closed.