Qurban bersama Yatim & Dhuafa

Kurban adalah ibadah yang diutamakan, sebagaimana hadits riwayat Aisyah, r.a, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

"“Tidak ada suatu amalan yang dikerjakan anak Adam (manusia) pada hari raya Idul Adha yang lebih dicintai oleh Allah dari menyembelih hewan. Karena hewan itu akan datang pada hari kiamat dengan tanduk-tanduknya, bulu-bulunya, dan kuku-kuku kakinya. Darah hewan itu akan sampai di sisi Allah sebelum menetes ke tanah. Karenanya, lapangkanlah jiwamu untuk melakukannya.” (Hadits Hasan, riwayat al-Tirmidzi: 1413 dan Ibn Majah: 3117).

Secara harfiah kurban memiliki arti hewan sembelihan. Ibadah qurban adalah ibadah menyembelih hewan ternak yang merupakan bagian dari syariatkan Al-Qur’an.

Berqurban memiliki banyak keutamaan yang terkandung di dalamnya. Bahkan, jika sahabat ketahui ternyata saat kita berqurban bersama anak-anak yatim & dhuafa.

Tiga keutamaan berqurban bersama anak Yatim & Dhuafa:

1. Mendapatkan pahala qurban

Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah bersabda: “Siapa yang memperoleh kelapangan untuk berkurban, dan dia tidak mau berkurban, maka janganlah hadir dilapangan kami (untuk shalat Ied).” (HR Ahmad, Daruqutni, Baihaqi dan Al Hakim).

Jika seseorang dari kita memiliki kelapangan dan kemampuan untuk melaksanakan ibadah kurban. Maka, laksanakanlah ibadah kurban dengan niat karena Allah. Bahkan saat kita melaksanakan ibadah kurban, kita akan mendapatkan pahala kurban. Dalam sebuah hadist pernah dijelaskan, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Pada tiap-tiap lembar bulunya itu akan memperoleh (pahala) satu kebaikan.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)

MasyaAllah… luar biasa bukan pahala bagi orang yang melaksanakan ibadah kurban.

2. Membahagiakan Anak Yatim & Dhuafa

Saat sahabat ikut serta dalam program kebaikan bersama Graha Yatim & Dhuafa, berarti sahabat telah ikut berpartisipasi untuk membahagiakan mereka. Mengapa demikian? Sebab, di hari Raya Idul Adha anak-anak yatim & dhuafa akan tersenyum ceria. Apalagi saat mereka mendapatkan daging yang sangat dinantikan. Tersebab, tidak semua anak mampu menikmati lezatnya makan daging di hari-hari biasa.

3. Mendapatkan Doa dari Anak-anak Yatim & Dhuafa

Doa dari anak yatim & dhuafa adalah doa yang mustajab dan didengar oleh Allah. Apalagi, jika sahabat berkurban bersama kami. InsyaAllah qurban sahabat akan diterima oleh Allah, karena saat sahabat berkurban bersama Graha Yatim & Dhuafa, sahabat akan didoakan oleh anak-anak.

Mari raih keberkahan berqurban di Graha Yatim & Dhuafa. Dapatkan keutamaan berlipat, tunggu apalagi.

 

 

Comments are closed.