Pengertian dan Keutamaan Al-Matsurat

Hasan Al-Banna adalah seorang ulama yang karir. Keilmuannya mengantarkan pada kedudukan sebagai orang yang disegani. Ia menyusun kitab Al-Matsurat saat kedudukannya sebagai pemimpin. Ketika, waktu pagi dan petang. Hasan Al-Banna rutin dan aktif dalam membiasakan dzikir juga aktif dalam kegiatan keagamaan. KitabAl-Matsurat merupakan kitab yang disusun oleh Hasan Al-Banna.

Al-Matsurat adalah sebuah buku kumpulan bacaan dzikir yang telah dipilih oleh Hasan Al-Banna. Al-matsurat terdiri atas sejumlah potongan ayat dan hadist Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam yang dicetak dalam bentuk buku berukuran kecil dan praktis, sehingga dapat di bawa kemana-mana.

Allah memuji orang yang rajin berdzikir dan berdoa setiap pagi dan petang, “Bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan senja hari dengan mengharap Keridhaan-Nya.” (QS. al-Kahfi: 28).

Ibnul Qoyyim mengatakan, “Zikir pagi dan sore ibarat baju besi. Semakin banyak lapisan lempengnya, senjata tidak akan bisa menembus pemakainya. Bahkan, kekuatan baju besi bisa mencapai keadaan, dimana tombak bisa mental dan balik menyerang orang yang melemparnya.”

Al-Matsurat ini biasa di baca saat pagi dan petang. Lalu, kapan waktu pagi dan petang itu?

Mengenai waktu tepatnya, Allah menyebutkan di dalam Al-qur’an, “Maka, bersabarlah terhadap yang mereka ucapkan, dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu sebelum terbit matahari dan sebelum terbenamnya matahari.” (Qs. Thaha: 130).

Dan ketika kita tidak sempat melakukannya karena ketiduran atau ada kesibukan, kita bisa membacanya setelah terbit matahari untuk pagi atau terbenam matahari untuk waktu sore.

Al-Matsurat sendiri terdiri dari dua jenis Al-Matsurat:

1. Al-Matsurat Kubra

Al-Matsurat ini terdiri dari 20 hadist & ayat Al-Qur’an. Terdiri dari: Surat Al-Fatihah, Al-Baqarah, Al-Imran, Thaha, At-Taubah, Al-Isra’ hingga 2 doa Hasan Al-Banna dan doa sehari-hari.

2. Al-Matsurat Sugra

Terdiri dari 9 ayat Al-qur’an: Surat Al-Fatihah, An-Nas, Al-Falaq, Al-Ikhlas, 20 bacaan dzikir dan doa keseharian.

Semoga bermanfaat dan semoga kita semua bisa senantiasa berdzikir mengingat Allah.

Comments are closed.