Bagaimana Cara Memaksimalkan Wakaf ?

Wakaf merupakan salah satu amal jariyah, yaitu amalan yang tidak akan terputus pahalanya. Walaupun orang yang berwakaf (mawaqif) telah meninggal dunia. Bahkan tujuan dari wakaf itu sendiri sama seperti zakat, infak dan sedekah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dalil mengenai wakaf ini dijelaskan oleh Abu Hurairah radhiyallahu anhu berkata Rasulullah bersabda: “Apabila manusia itu meninggal dunia maka terputuslah segala amalnya kecuali tiga: yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan doa anak sholeh yang berdoa baginya.” (HR. Muslim)

Dari penjelasan hadist diatas sudah jelas bahwa wakaf adalah amalan yang tidak akan terputus pahalanya. Untuk itu saat kita diberikan kelebihan harta oleh Allah. Maka, usahakanlah untuk bisa berwakaf selagi mampu. Mungkin sudah sahabat ketahui bahwa wakaf biasa identik dengan aset yang berbentuk tanah, kemudian dijadikan sarana ibadah, pendidikan dan sosial kemasyarakatan atau yang lainnya. Namun, wakaf bukan hanya dimanfaatkan untuk pembagunan masjid, mushala, madrasah, pondok pesantren, pemakaman saja. Ternyata, wakaf tidak hanya sebatas itu saja. Ada banyak potensi-potensi wakaf yang dapat dikembangkan selain dari aset yang berbentuk tanah.

Ternyata kesadaran masyarakat untuk melakukan wakaf masih belum optimal, bahkan jika masyarakat paham akan pentingnya berwakaf mungkin akan banyak lagi masyarakat yang mampu tertolong dan hidup sejahtera. Upaya meningkatkan produktivitas wakaf, maka Majelis Ulama Indonesia mengeluarkan fatwa yang mendorong masyarakat untuk mengeluarkan wakaf uang. Dalam fatwa tersebut, dijelaskan tentang kebolehan wakaf uang, termasuk surat-surat berharga lainnya.

Dengan adanya fatwa wakaf uang ini, dapat mendorong masyarakat untuk melakukan wakaf uang. Bahkan wakaf uang ini dapat lebih mudah dikeluarkan dan dapat memberdayakan masyarakat agar lebih produktif. Wakaf ini bisa dilakukan melalui platform yang mudah di akses oleh kita lewat ponsel, seperti website, aplikasi atau ayodonasi.id.

Yuk, maksimalkan potensi wakaf di Indonesia. Dari wakaf sahabat akan memberdayakan serta membahagiakan masyarakat di sekitar kita.

Comments are closed.