Apa Saja Hal Yang Dapat Membahagiakan Orang Lain?

Salah satu amalan ringan yang dapat kita lakukan untuk membahagiakan orang lain adalah dengan bersedekah atau berbagi kepada sesama. Bahkan sedekah sendiri dapat meringankan beban yang dirasakan oleh orang lain, lebih dasyatnya lagi mampu membahagiakan orang lain.

Dalam kehidupan  kita tidak  selamanya  perasaan bahagia mampu menyelimuti hati dan kehidupan. Adakalanya kondisi kesusahan yang melanda, bahkan ada bencana yang  menimpa datang tak terkira. Sebab, kita tidak pernah tahu kapan bencana akan datang menimpa. Untuk itu saat kita mampu berbagi, alangkah bahagianya hati  mereka yang kita tolong.

Nah, ternyata amalan sedekah bukan hanya mampu membahagiakan  orang lain. Namun juga ada beberapa keutamaan  yang lainnya:

1. Allah akan melipatgandakan pahala orang yang bersedekah.

Hal ini dijelaskan di dalam A;-qur’an, “Sesungguhnya orang-orang yang membenarkan (Allah dan Rasul-Nya) baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (ganjarannya) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak.” (Qs. Al-Hadid: 18)

Jangan takut, harta akan berkurang sebab Allah sudah menjanjikan akan melipatgandakan pahala bagi mereka yang mampu bersedekah. Untuk itu selagi masih ada kesempatan, maka lakukanlah dengan segera dan jangan menunggu nanti.

2. Sedekah akan menghapuskan dosa

“Sedekah dapat menghapuskan dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi)

Kita tak pernah tahu sebanyak apa dosa yang kita lakukan, karena sifat manusia terkadang lalai dalam melakukan kewajibannya. Untuk itu saat kita melakukan sedekah, akan mampu menghapuskan dosa. Wawllahu’alam.

3. Siapa yang gemar bersedekah akan mendapat naungan di hari akhir.

“Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya akan menyembunyikan amalnya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan.” (HR Bukhari)

4. Dapat terbebas dari siksa kubur dan dijauhkan dari api neraka

“Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur.” (HR Ath Thabrani) Di hari akhir nanti, jika kita gemar melakukan sedekah maka bisa masuk surga lewat pintu mana saja. Bahkan akan dijauhkan dari siksa api neraka yang menyala-nyala. Meskipun yang disedekahkan hanya sedikit. Namun, dapat memberikan manfaat yang luar biasa di akhirat. Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Jauhilah api neraka walau hanya dengan bersedekah sebiji kurma. Jika kamu tidak punya, maka bisa dengan kalimat Thayyibah.” (HR Bukhari dan Muslim)

Semoga kita di luaskan rezekinya dan kita menjadi salah satu orang yang gemar bersedekah. Aamiin...

Comments are closed.