Parenting Islami

Ilmu parenting ini sangat dibutuhkan sekali bagi kehidupan keseharian kita. Apalagi bagi seorang ibu yang akan mendidik anak-anaknya dengan baik. Sebelum itu, apakah sahabat pembaca semua tahu, apa itu parenting islami?

Apa itu parenting Islami?

Parenting islami adalah pola pengasuhan orang tua dalam mendidik dan membesarkan anaknya menggunakan nilai dan dasar islami. Dasar utama dari pola parenting Islami ini adalah mengikuti tuntunan yang ada di dalam Al-qur’an, di dalam Al-qur’an pun dijelaskan bagaimana cara atau pola pengasuhan yang dapat kita baca dan pelajari.

1. Memperdengarkan Lantunan Al-qur'an

Sejak si kecil lahir atau masih berada di dalam kandungan, coba perdengarkan lantunan ayat-ayat suci Al-qur'an baik secara langsung maupun melalui speaker murotal. Jika, seorang anak sudah terbiasa dengan lantunan ayat Al-qur'an setiap harinya. Maka, akan lebih mudah mengingat dan menghafalnya. Apalagi jika ditambah dengan pemahaman dari orang tua secara perlahan, maka proses mendidik anak secara islami akan lebih mudah untuk diterapkan. 

2. Memberikan Teladan yang Baik

Mengajarkan shalat tentu akan lebih mudah jika orang tua memberikan teladan yang baik terlebih dahulu. Ketika masuk waktu sholat, ajak anak untuk segera menunaikan sholat wajib berjamaah dengan orang tua. Bagi anak laki-laki, biasakan untuk sholat di masjid akan menjadi kebiasaan baik ketika ia sudah besar nanti. Sebagai orang tua kita harus mampu mendidik dan mengenalkan kepada anak. Tentang siapa yang menciptakannya dan harus mampu memberikan pemahaman  yang baik kepada anak. Cara yang paling mudah untuk dilakukan bagi kita sebagai orang tua adalah dengan cara mengajarkan shalat sejak dini, mengajarkan cara membaca Al-qur’an dengan baik dan benar. Serta kita sebagai orang tua harus mampu menceritakan manfaat sholat dan mengapa harus membaca Al-qur’an. Agar anak kita pun dapat memiliki pemahaman agama sejak dini. Hindari memberikan tontonan atau mengajak anak pergi ketika waktu sholat tiba, karena dapat membuat anak menjadi lalai terhadap kewajiban.

3. Membacakan Kisah-Kisah Islam

Membacakan cerita dan kisah nabi serta tokoh muslim lainnya sejak dini. Dapat memberikan pemahaman yang baik bagi anak, agar mereka paham bahwa Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam adalah contoh teladan terbaik bagi kehidupan. Untuk itu, kita sebagai orang tua harus mampu memberikan ilmu yang baik bagi mereka. 

Semoga dari beberapa pemaparan diatas mampu menambah keilmuan kita. 

Comments are closed.