Parenting Anak Islami

Kita mungkin akan merasa kesulitan saat mengajarkan anak agar terbiasa melakukan shalat sejak dini. Dalam ilmu parenting islami, salah satu tantangan yang sering dilewati oleh orang tua adalah membiasakan anak untuk memahami shalat limat waktu. Namun, mengenalkan shalat sebagai suatu kewajiban seorang muslim itu harus dilakukan sejak dini.

Mungkin, bagi kita yang tidak sabaran akan merasa sangat kesusahan dalam mengajari anak untuk shalat. Karena saat kita mengajarkan anak kecil shalat harus penuh dengan kesabaran yang ekstra. Tentu saja, tidak satu kali penjelasan mereka paham. Melainkan harus berulang-ulang kali hingga mereka betul-betul memahami gerakan shalat dan bacaanya.

Namun, ada loh… hal yang dapat kita lakukan agar mereka bisa mencontoh dengan baik. Salah satunya diawali dari diri kita sebagai orang tua. Bukankah seorang anak itu peniru yang paling ulung? Nah, pasti benar. Maka, kita sebagai orang tua harus mencontohkan shalat tepat pada waktunya, hingga aktivitas yang mereka lihat masuk ke dalam alam bawa sadar anak. Hingga anak benar-benar meneladani contoh yang baik dari orang tuanya.

Langkah selanjutnya untuk mengajak anak terbiasa melakukan ibadah sholat adalah. Kita sebagai orang tua tidak memaksa kehendaknya, tetapi kita tanamkan habits kebiasaan baik untuk mengerjakan shalat kepada anak. Dan tanamkan kepada mereka sebuah mindset bahwa shalat itu menyenangkan, apabila dilakukan dengan ikhlas dan hati yang bahagia.

Setelah kita menanamkan dua langkah di atas. Maka mulailah untuk mengajarkan gerakan dan bacaan shalat kepada anak. Jika kita susah untuk mengajarkan bacaan shalat yang berulang kali. Tenang sekarang ada satu keuntungan yang dapat dilakukan, yaitu mengajarkan mereka shalat melalui video di youtube dan tutorial gerakan shalat lainnya. Apalagi banyak sekali video animasi yang dapat dengan mudah di akses. Tapi, tetap yang paling utama adalah bagaimana seorang ibu yang mengajarkan anaknya shalat. Jangan sampai mereka bisa, namun tanpa disertai bimbingan orang tua.

Jika mereka sudah mulai mengerti bacaan dan gerakan shalat, kita sebagai orang tua harus mengajarkan kepada mereka praktek, hingga anak pun merasa senang untuk belajar dan mau mengerjakan shalat.

Setelah itu, cobalah untuk mengajak anak mengerjakan shalat meski hanya satu rakaat. Tidak mengapa jika masih sedikit terbata dan mereka hanya mampu mengerjakan satu rakaat. Berikan mereka pujian dan jelaskan beberapa keistimewaan shalat. Agar anak pun bersemangat dan terbiasa untuk mengerjakan sholat.

Comments are closed.