Manfaat Sedekah Akhir Tahun

Manfaat Sedekah Akhir Tahun

Tahun 2020 akan segera berakhir, berganti dengan tahun yang baru. Mungkin di tahun ini rasanya sangat berat ya, banyak ujian yang terus datang silih berganti. Adanya pandemi covid-19 yang membuat banyak orang kehilangan pekerjaan, bahkan penurunan angka perekonomian, banyak yang tidak bisa bekerja dan tidak mampu mencukupi kebutuhan hidupnya. 
Meskipun tahun ini di kenal dengan tahun yang sulit. Ternyata, banyak bencana lain yang juga terjadi di tahun 2020 ini. Selain pandemi covid-19.

Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tercatat sebanyak 2.256 bencana alam terjadi dengan rincian banjir sebanyak 822 kali, tanah longsor 414 kali, puting beliung 627 kali, serta kebakaran hutan sebanyak 320 kali.

Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, kita dianjurkan untuk bersedekah ketika menghadapi bencana. 
”Bersegeralah kalian untuk mengeluarkan sedekah, karena sungguh bencana tak dapat melewati sedekah.” [HR. Thabrani]

Menjelang akhir tahun 2020 ini,mari kita pergunakan waktu untuk membantu sesama dengan berbuat baik. Salah satu caranya dengan bersedekah. Kesempatan masih terbuka lebar, manfaat dengan baik ya sahabat. 
Ternyata saat kita bersedekah di akhir tahun, ada beberapa manfaat yang bakal sahabat dapatkan loh. Yuk simak uraian berikut:

1.    Menghilangkan Rasa cemas
Rasa cemas mungkin sering terjadi sejak covid-19 datang di tengah-tengah kita. Ada banyak ketakutan dan keresahan yang hadir. Ditambah dengan pandemi yang kita sendiri tidak tahu kapan berakhirnya. 
Daripada resah tak berkesudahan. Lebih baik sedekah akhir tahun untuk menghilangkan rasa khawatir dan juga rasa cemas.

Allah Subhanahu Wa ta’ala berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 274,
“Orang-orang yang menafkahkan hartanya di malam dan di siang hari secara tersembunyi dan terang-terangan, maka mereka mendapat pahala di sisi Rabb-Nya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.” [QS. Al-baqarah: 274]

2.     Menjadi Obat Penyembuh 
Tahun 2020 ini menjadi berat bagi sebagian orang karena di tahun ini ada saudara, kerabat, dan keluarga mereka yang telah tiada baik karena pandemi ataupun karena sakit. Mari kita doakan semoga mereka yang tengah menghadapi ujian dan cobaan diberikan kelapangan hati dan kesabaran untuk menghadapinya.

Untuk mengobati luka dan kesedihan yang melanda, bisa dengan cara bersedekah di akhir tahun agar dapat menjadi upaya untuk menyembuhkan kesedihan, membantu sesama dan membahagiakan mereka yang membutuhkan. Pasti Sahabat sudah tahu bukan, bahwa sedekah biasa disebut sebagai ‘obat mujarab’ untuk menyembuhkan sebuah penyakit.
Sebagaimana hadist Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam:
“Obatilah orang-orang yang sakit di antara kalian dengan bersedekah.” [Hadits ini dihasankan oleh Syaikh Al-Albani di dalam Shahih al-Jami’]

3.    Menghapus Dosa-dosa
Akhir tahun identiknya dengan evaluasi diri atau disebut dengan muhasabah tentang apa saja yang sudah dilakukan di tahun ini. Selain itu, menjadi perbaikan agar bisa menjalani tahun depan dengan lebih baik. Kita sebagai manusia tak luput dari kesalahan.
Untuk itu sedekah di akhir tahun dapat menjadi perantara agar Allah menghapus dosa-dosa kita. InsyaAllah… Sesuai dengan sabda Nabi Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam:
“Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api.” [HR. At-Tirmidzi]

4.    Harta akan Bertambah
Karena pandemi covid-19 yang melanda dan mempengaruhi segala aspek kehidupan, banyak orang yang merasa kesulitan secara ekonomi. Bersedekah di akhir tahun dapat membantu orang-orang yang kesulitan sekaligus juga memperbaiki kondisi ekonomi kita sendiri dan juga kondisi mereka. Kebaikan yang berlipat bukan? Tunggu apa lagi, lakukan segera.
“Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada ada seratus biji. Allah melipat gandakan bagi siapa yang Dia kehendaki dan Allah Maha Luas, Maha Mengetahui.”[QS. Al-Baqarah: 261]


Sahabat Yuk tunaikan sedekah akhir tahun. Bisa langsung akses ke www.ayodonasi.id dan klik tombol donasi.

Semoga Allah mudahkan hati dan niat kita untuk menebar kebaikan

Comments are closed.