Lebih baik kurban kambing atau kurban sapi?

Hari raya Idul Adha akan segera menyapa, tapi kamu masih bingung mau pilih kurban apa? Daripada bingung, mari simak artikel ini. Agar ada ilmu dan motivasi yang kamu dapatkan.

Di kalangan masyarakat Indonesia, seringkali kita menemui beberapa kebimbangan di dalam masyarakat. Sebagian ulama menjelaskan, kurban satu kambing lebih baik daripada patungan sapi atau unta. Karena tujuh kambing manfaatnya lebih banyak daripada seekor sapi. (Shahih iqh Sunnah, 2: 375. Fatwa Lajnah Daimah no. 1149 dan Syarhul Mumthi’ & 458)

Jika melihat angka perekonomian masyarakat, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa berkurban itu bisa sesuai denga kemampuan kita yang akan melaksanakan ibadah kurban. Apalagi di Indonesi masih banyak masyarakat kalangan menengah ke bawah, sehingga mungkin untuk membeli sapi secara patungan bisa menjadi solusi. Apalagi, jika dilihat banyaknya daging dan mahalnya harga hewan kurban, maka kurban patungan api bisa menjadi solusi terbaik.

Semua itu harus dikembalikan lagi sesuai dengan kondisi keuangan dan kemampuan saat akan membeli hewan kurban. Namun, jika harga 1 kambing ternyata, justru lebih murah dibandingkan dengan patungan sapi 1/7, hal ini pun bisa menjadi solusi. Jadi, apapun pilihan hewan kurban sahabat. InsyaAllah… Semoga segala niat baik sahabat Allah mudahkan. Aamiin…

Comments are closed.