Keutamaan Malam Lailatul Qadar

Setiap muslim pasti menginginkan malam kemuliaan, yaitu malam lailatul qadr. Malam ini hanya dijumpai satu tahun sekali, orang yang beribadah sepanjang tahun. Tentu lebih mudah mendapatkan kemuliaan tersebut, karena ibadahnya rutin. Dibandingkan dengan orang yang beribadahnya jarang-jarang. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas, keistimewaan malam lailatul qadar, karena lebih utama dibandingkan dengan malam-malam lainnya.

1. Malam lailatul qadr adalah malam diturunkannya Al-qur’an.

Ibnu Abas dan selainya mengatakan, “Allah menurunkan secara utuh sekaligus, dari lauh mahfus ke baitul izzah yang ada di langit dunia. Kemudian Allah menurunkan Al-qur’an kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam secara terpisah, sesuai dengan kejadian-kejadian yang terjadi selama 23 tahun.” Tafsir Al-qur’an Al-adzim. Dari penjelasan ini, kita sudah mendapatkan keutamaan malam lailatul qadar.

2. Lailatul qadar lebih utama dari seribu bulan

Allah ta’ala berfirman: “Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan.” [Qs. Al-Qadr: 3]

Mujahid dan Qatadah, serta ulama lainnya berpendapat bahwa, malam yang lebih baik dari seribu bulan adalah shalat dan puasa yang terdapat di malam lailatul qadr. Ini sungguh keutamaan lailatul qadr yang sangat luar biasa.

3. Lailatul qadar adalah malam yang penuh dengan keberkahan

 Allah ta’ala berfirman: “Sesungguhnya, Kami menurunkannya pada malam yang diberkahi. Sungguh, kamilah yang memberi peringatan.” [Qs. Ad-Dukhan: 3]  

Pada malam lailatul qadar malaikat jibril turun dan turun juga para malaikat. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman: “Pada malam itu turun para malaikat dan Roh (jibril) dengan izin Allah untuk mengatur semua urusan.”[Qs. Al-Qadr: 4]

Dari ayat ini dijelaskan banyak malaikat yang turun ke bumi karena banyaknya barakah. Sebab, turunnya malaikat menandakan turunnya rahmat dan turunnya berkah. Sebagaimana malaikat turun saat ada yang membacakan Al-qur’an. Mereka akan mengitari orang-orang yang berada dalam majelis dzikir, yaitu majelis ilmu dan malaikat akan mematahkan sayap-sayap mereka pada penuntut ilmu, karena malaikat sangat mengangungkan mereka. Malaikat jibril disebuat (ar-ruh) dan disebutkan dalam ayat tersebut, sebab menandatakan keutamaan malaikat jibril tersebut.

4. Lailatul Qadr disifati dengan salam yang dimaksud dengan salam seperti dijelaskan dalam firman Allah, “Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar.” [Qs. Al-Qadr: 5] Di malam laialtul Qadr ini, syaitan tidak dapat berbuat apa-apa, baik berbuat jelek atau menganggu yang lain. Demikianlan kata mujahid dalam tafsir Al-qur’an Al-adzim, bahwa pada malam tersebut banyak yang selamat dari hukuman, karena mereka melakukan ketaatan kepada Allah. Sungguh hal ini menunjukkan keutamaan yang luar biasa dari malam lailatul qadr.

5. Malam dicatatnya takdir tahunan

Allah ta’ala berfirman: “Pada (malam itu) dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah.” [Qs. Ad-Dukhan: 4]

Ibnu katsir dalam tafsirnya menerangkan bahwa, akan dirinci mengenai permulaan takdir dalam setahun juga akan dicatat ajal dan rezeki dan akan dicatat segala sesuatu dalam setahun. Diriwayatkan oleh ibnu umar, mujahid dan ulama salaf lainnya. Perlu dicatat bahwa dari Imam An-nawawi dalam sarah muslim bahwa catatan takdir tahunan tersebut, tentu saja didahului oleh ilmu dan keputusan Allah. Sebab Takdir ini nantinya akan ditampakkan pada malaikat dan ia (malaikat) akan mengetahui apa yang akan terjadi. Kemudian, para malaikat akan melakukan tugas yang diperintahkan untuknya.

6. Dosa setiap orang yang menghidupkan malam lailatul qadr akan diampuni oleh Allah Subhanahu Wata’ala, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barang siapa melaksanakan sholat pada malam lailatul Qadr karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosannya yang telah lalu akan diampuni.”[HR. Bukhari no. 1901]

Semoga kita semua dapat mendapatkan malam lailatul qadr, “Ya Allah semoga kami dapat mendapatkan malam lailatul qadr, agar bisa mengisi hari-hari kami di bulan ramadhan dengan amalan shalih.”aamiin…

Dan semoga kita senantiasa mampu menjaga kualitas ibadah kita dengan sebaik-baiknya. Aamiin

Comments are closed.