Keutamaan Bulan Dzulqadah.

Dzulqadah berasal dari bahasa Arab  ذُو القَعْدَة (dzul-qa’dah). Dalam kamus al-Ma’ānī kata dzū artinya pemilik, namun jika digandengkan dengan kata lain akan mempunyai makna tersendiri, misalnya dzū mālin (orang kaya), dzū ‘usrah (orang susah). 

Kata "qa’dah" adalah derivasi dari kata "qa’ada", salah satu artinya tempat yang diduduki. Sehingga Dzulqadah secara etimologi orang yang memiliki tempat duduk, dalam pengertian orang itu tidak bepergian kemana-mana ia banyak duduk (di kursi). Dari kata "qa’ada" ini bisa berkembang beberapa bentuk dan pemaknaan, antara lain taqā’ud artinya pensiun, konotasinya orang yang sudah purna tugas akan berkurang pekerjaannya sehingga dia akan banyak duduk (di kursi).

Dzulqadah merupakan satu dari empat bulan yang termasuk dalam bulan haram atau bulan yang dimuliakan oleh Allah. Tiga bulan mulia lainnya adalah bulan Muharam, Rajab dan Dzulhijah. Lalu apa sajakan keutamaan bulan Zulkaidah ini? Mari kita simak penjelasannya:

1. Dzulqadah bulan yang mulia

Bulan haram ini sesuai dengan firman Allah dalam surat At-Taubah ayat 36 yang artinya,

"Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan Bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu…” (Qs. At-Taubah: 36)

Jadi, bulan Dzulqadah ini adalah bulan yang mulia. Untuk itu jangan sampai kita lalai dan enggan melakukan amalan kebaikan ya.

2. Pahala dan Dosa yang dilipatgandakan

Ibnu Abbas radhiyallahu’anhu berkata,

“(Janganlah kalian menganiaya diri kalian) dalam seluruh bulan. Kemudian Allah mengkhusukan empat bulan sebagai bulan-bulan haram dan Allah pun mengangungkan kemuliaannya. Allah juga menjadikan perbuatan dosa yang dilakukan didalamnya lebih besar. Demikian pula, Allah pun menjadikan amalan shalih dan ganjaran yang didapatkan didalamnya lebih besar pula.” (Tafsir Ibnu Katsir: 3/26)

Allah menjanjikan setiap amalan yang dilakukan pada bulan yang mulia bakal dilipatgandakan dan terjadi di bulan Dzulqadah ini bukan hanya pahala yang dilipatgandakan. Melainkan juga dosa yang kita lakukan akan dilipatgandakan.

 

 

Comments are closed.