Keberkahan Harta dari sedekah

Keberkahan Harta dari sedekah

Mendapatkan pahala yang terus mengalir, salah satu sedekah yang terus mengalir adalah sedekah jariyah.
 
Kematian adalah sebuah misteri yang tidak pernah kita ketahui. Setiap manusia harus mempersiapkan bekal untuk kehidupan akhiratnya nanti. Saat kematian tiba, orang muslim hanya akan membawa amalannya saja. 

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman yang artinya:
“Dan infakkanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum kematian datang kepada salah seorang di antara kamu; lalu dia berkata (menyesali) , “Ya Rabbku, sekiranya Engkau berkenan menunda (kematian)ku sedikit waktu lagi, maka aku dapat bersedekah dan aku akan termasuk orang-orang yang saleh.”[QS. Al-Munafiqun:10]

Ternyata ada keberkahan di balik sedekah loh,Yuk simak ulasannya.

1.Penghapus dosa

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam:
“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” [HR. Tirmidzi no. 614 dishahihkan oleh Al-Albani]

2.Jaminan Surga

Keutaman sedekah yang lainnya adalah medapatkan jaminan surga. Allah telah  memberikan keutamaan yang sangat besar bagi mereka yang rajin bersedekah baik dalam keadaan senang maupun susah. Hal ini dijelaskan dalam hadist no. 3.666 yang diriwayatkan oleh Bukhari dan hadist no. 1.027 yang diriwayatkan oleh Muslim, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam:
“Orang memberikan dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga: “Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan.” Jika ia berasal dari golongan orang-orang yang suka mendirikan salat, ia akan dipanggil dari pintu shalat, yang berasal dari kalangan mujahid, maka akan dipanggil dari pintu jihad, jika ia berasal dari golongan yang gemar bersedekah akan dipanggil dari pintu sedekah.”

3.Membersihkan harta

Tidak semua orang memiliki harta yang berlimpah. Jika kita memiliki banyak harta , maka wajib disedekahkan dari harta yang dimiliki. Harta kita ada hak orang lain yang harus kita tunaikan. Bersedekah merupakan cara untuk membersihkan harta, harta kita akan menjadi keberkahan. Jika diberikan untuk mereka yang membutuhkan. Hidup kita akan merasa sangat bahagia, saat melihat orang lain bahagia.

“Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.” [HR. Muslim no. 2588]

4.Pengingat Kematian

Kematian akan terasa sangat menakutkan ketika kita tidak siap. 
“Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Dan hanya pada hari Kiamat sajalah diberikan dengan sempurna balasanmu. Barang siapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, sungguh dia memperoleh kemenangan. Kehidupan dunia hanyalah kesenangan yang memperdaya.”[QS. Ali ‘Imran:185]

Untuk itulah kita harus selalu mempersiapkan diri dan menyiapkan amalan terbaik kita. Amalan kebaikan itulah yang akan menolong kita di akhirat. Jangan lupa untuk bersedekah, karena sedekah itu pahalanya akan terus menggalir.

Comments are closed.